Berikut Ini Solusi Mencegah Kebocoran Usus

Torie Natalova    •    Jumat, 29 Sep 2017 15:36 WIB
kesehatan pencernaan
Berikut Ini Solusi Mencegah Kebocoran Usus
Stres kronis berbahaya bagi usus dan kesehatan, penting untuk meluangkan waktu melakukan relaksasi dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai. (Foto: Alez Bertha/Unsplash.com)

Metrotvnews.com. Jakarta: Stres jangka panjang dan makanan cepat saji dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai sindrom usus bocor atau leaky gut syndrome. Dilansir dari Rodalewellness.com, kebocoran usus dapat memicu banyak masalah kesehatan seperti penyakit autoimun, diabetes, obesitas, sakit kepala, nyeri sendi dan kelelahan hingga alergi. 

Masalah kesehatan memang dapat berasal dari kesehatan usus yang buruk. Karenanya, sangat penting untuk mencegah kebocoran pada usus. Berikut adalah solusi untuk mencegah kebocoran usus.



1. Mengubah pola makan
Kebocoran usus dikaitkan dengan makanan pemicu radang termasuk gluten. Penelitian menunjukkan mereka yang menderita intoleransi terhadap gluten dan penyakit celiac, memilki kadar zonilin dalam aliran darah yang tinggi.

Jika Anda memiliki tanda-tanda peradangan atau penyakit autoimun, itu adalah kunci untuk menemukan intoleransi makanan dan menghilangkan makanan yang paling mungkin memicu kebocoran usus termasuk gluten, produk susu, telur, kedelai, jagung, kacang tanah dan pemanis.

(Baca juga: Tanda-tanda Usus Anda Bocor)



2. Kelola stres Anda
Stres jangka panjang dan kualitas tidur yang buruk dapat mengubah neuron di usus, mengurangi enzim pencernaan dan flora usus sehat Anda. Karena stres kronis berbahaya bagi usus dan kesehatan, penting untuk meluangkan waktu melakukan relaksasi dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai.



3. Minum suplemen berkualitas tinggi
Memang, tidak ada suplemen yang bisa menggantikan pola makan dan gaya hidup sehat. Tetapi, jika ingin memulihkan kondisi kesehatan, melengkapi kekurangan tubuh Anda dapat membantu mempercepat perbaikan usus.

Cara yang baik untuk memulai adalah menambahkan enzim probiotik dan pencernaan berkualitas tinggi ke rutinitas harian Anda untuk membantu memulihkan penyerapan, kekebalan dan keseimbangan hormon alami Anda. 









(TIN)