Kenali Perbedaan Bercak Darah Tanda Kehamilan dan Menstruasi

Raka Lestari    •    Selasa, 05 Sep 2017 12:26 WIB
kehamilan
Kenali Perbedaan Bercak Darah Tanda Kehamilan dan Menstruasi
(Foto: Medical Daily)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada beberapa tanda kehamilan, salah satunya muncul bercak darah dari organ genital yang dalam bahasa medis dikenal dengan pendarahan implantasi.

Gejala pendarahan implantasi cukup sama dengan menstruasi hari pertama. Namun, wanita harus paham betul perbedaannya agar bisa mempersiapkan kehamilannya dengan baik.

Apa itu implantasi?

Setelah sel telur dibuahi maka akan berjalan melalui tuba falopi lalu ke dalam rahim lalu akan menempel di dinding rahim dan inilah yang disebut ‘implan.' Fase ini biasanya membutuhkan sekitar 7 hari dari pembuahan.

Apa perbedaan antara pendarahan implantasi dan menstruasi?

Perbedaan antara menstruasi dan pendarahan implantasi terletak pada lama pendarahan, warna dari pendarahan, dan kekentalan darah. Menstruasi normalnya berlangsung 4-7 hari dan lebih kental, dengan aliran darah yang konsisten dan warna darah yang gelap sampai kemerahan. Pendarahan implantasi biasanya berwarna coklat atau merah muda, tidak terlalu kental bahkan cair.

Kebanyakan wanita yang mengalami pendarahan implantasi merasa bahwa itu menstruasi mereka yang datang lebih awal, lebih cair dan terdapat bercak. Bercak ini akan berlangsung selama 2-4 hari.

Apakah pendarahan implantasi merupakan tanda keguguran?

Pendarahan implantasi bukanlah merupakan pertanda bahwa ada yang salah dengan kehamilan, dan tidak ada hubungannya dengan keguguran. Namun, ada baiknya melakukan tes kehamilan. Hal ini tidak hanya untuk mengonfirmasi kehamilan, namun juga dapat mengurangi kesalahan dalam penghitungan perkiraan bayi Anda lahir.




(DEV)