Studi: 3 Cangkir Sehari dapat Memperkuat Imun Tubuh

Torie Natalova    •    Selasa, 18 Jul 2017 11:52 WIB
kesehatan
Studi: 3 Cangkir Sehari dapat Memperkuat Imun Tubuh
(Foto: Redonline)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa minum kopi terlalu banyak dapat menyebabkan masalah kesehatan. Namun, penelitian lainnya justru berpendapat lain, yang mana minum beberapa cangkir kopi dapat membawa manfaat kesehatan yang tak terduga.

Bahkan, ini berlaku untuk kopi tanpa kafein.

Peneliti di Amerika dan Eropa menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi sekitar tiga cangkir kopi sehari, baik itu latte, espresso atau kopi tanpa kafein, dapat hidup lebih lama daripada mereka yang tidak pernah minum kopi.

Dua studi baru menunjukkan bahwa tingkat konsumsi kopi yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dari semua penyebab, terutama dari penyakit jantung dan paru-paru serta kondisi saluran pencernaan.

Berdasarkan hasil penelitian, mereka yang minum kopi lebih banyak cenderung lebih muda daripada mereka yang perokok, peminum, orang yang makan banyak daging dan mereka yang kurang makan buah dan sayuran.

Pria yang minum setidaknya tiga cangkir kopi sehari, 18 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal karena alasan apapun daripada mereka yang tidak minum kopi. Sementara wanita yang minum dengan jumlah sama hanya mendapatkan manfaat sebesar 8 persen.

Selain itu, penelitian yang dilakukan terhadap 14 ribu orang juga menemukan bukti bahwa peminum kopi memiliki hati yang lebih sehat dan kontrol glukosa yang lebih daripada mereka yang tidak minum kopi. Selain fungsi hati yang baik, mereka yang rutin meminum kopi juga memiliki respons imun yang leih baik.



 


(DEV)