Kebiasaan Pagi Hari yang Pengaruhi Kesehatan

Torie Natalova    •    Sabtu, 27 May 2017 18:17 WIB
kesehatan
Kebiasaan Pagi Hari yang Pengaruhi Kesehatan
Kebiasaan Pagi Hari yang Pengaruhi Kesehatan (Foto: istock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjalani aktivitas sehari-hari dimulai dengan rutinitas di pagi hari. Kebiasaan yang salah dapat memicu rangkaian masalah, terutama masalah kesehatan.

Ada beberapa kesalahan yang tanpa disadari sering Anda lakukan sebelum pukul 10.00 pagi setiap hari. Misalnya, sesaat setelah bangun tidur Anda langsung melompat dari ranjang.

Masalahnya adalah Anda mungkin terlalu banyak menuntut dari otot punggung Anda yang seringkali kaku dari tidur yang lama. Bergerak terlalu cepat dan otot Anda mungkin mengalami kejang dan berisiko membuat Anda merasakan nyeri punggung bagian bawah.

Sebaiknya, Anda bangun secara perlahan. Karena, ketika Anda berdiri setelah berbaring berjam-jam, darah mengalir deras ke kaki dan ini bisa menyebabkan perasaan ringan yang menempatkan Anda pada risiko tersandung.

Sebelum bergerak ke kamar mandi setelah tidur malam, cobalah memeluk lutut ke dalam dada. Ini tak hanya membantu menghangatkan otot tapi juga dapat membuat darah mengalir ke seluruh tubuh Anda.

Selain itu, ada tiga kebiasaan yang salah di pagi hari dan mungkin sering Anda lakukan seperti ini.

1. Membiarkan jendela tertutup
Tidak adanya sinar matahari yang masuk ke dalam ruang membuatnya menjadi gelap seperti gua yang dapat membuat Anda tersandung. Untuk membantu Anda memulai hari dengan suasana hati yang positif dan mengatur jam internal tubuh Anda, sinar matahari sangat diperlukan oleh tubuh. Cobalah untuk membuka jendela dan tirai agar sinar matahari masuk ke dalam kamar.

2. Menyimpan waktu untuk kebutuhan pribadi hingga sore hari
Sebagian besar dari kita bekerja keras, kemudian istirahat makan siang untuk waktu pribadi atau sekitar pukul 3 sore, atau saat energi mulai memudar. Tapi, sebuah studi terbaru dari University of Minnesota, ketika pegawai memulai hari kerja dalam kerangka pikiran positif, suasana hati mereka mendapat dorongan lebih besar oleh kejadian menyenangkan daripada mereka memulai hari dengan rasa murung.

3. Menunda mematikan alarm
Anda mungkin menemukan trik menunda mematikan alarm dengan berpikir bahwa menekan tombol menunda berarti 10 menit tambahan waktu untuk tidur dan tiga menit lagi untuk bangun dari tempat tidur. Tapi, tidur dan tidur hanya sebentar-sebentar akan membuat lebih sulit untuk tertidur di malam hari. Anda sebaiknya bangun saat alarm berbunyi dan tidak menundanya.

4. Hal pertama yang dilakukan adalah olahraga
Kesalahan terakhir adalah melakukan olahraga sesaat setelah bangun tidur. Padahal, sarapan pagi dalam waktu 30 menit setelah bangun dapat memancing metabolisme mulai bekerja. Tubuh Anda berpuasa semalaman saat Anda tidur dan karbohidrat sangat diperlukan untuk melengkapi kembali energi Anda. Segelas air, segenggam sereal atau biji-bijian dapat menjadi menu sarapan Anda yang menyehatkan.

 


(ELG)