Whole Grain, Penganan yang Baik untuk Bayi

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 24 May 2017 15:05 WIB
perkembangan anak
Whole Grain, Penganan yang Baik untuk Bayi
Snacking atau makan penganan adalah kegiatan mengunyah makanan ringan di sela-sela jam makan berat. Tak hanya orang dewasa, bayi pun sudah diperkenalkan dengan kegiatan tersebut. (Foto: Pregnancy & Baby)

Metrotvnews.com, Jakarta: Snacking atau makan penganan adalah kegiatan mengunyah makanan ringan di sela-sela jam makan berat. Tak hanya orang dewasa, bayi pun sudah diperkenalkan dengan kegiatan tersebut.

"Makan penganan adalah pola makan sehat diantara jam makan utama yang bisa dilakukan sendiri dengan menu yang mudah disiapkan," demikian pengertian yang diberikan oleh Eka Hardiana selaku market nutritionist PT Nestlé Indonesia dalam acara peluncuran Nestle Cerelac Nutripuffs, Rabu 24 Mei 2017.



Ia menambahkan, aktivitas ini bertujuan untuk melengkapi kebutuhan makan bayi yang mana semakin mengalami pertumbuhan secara fisik sehingga diperlukan penambahan waktu makan agar perut tidak kelaparan.

Berbagai aktivitas yang mulai dilakukan seiring dengan pertumbuhan usia, seperti belajar merangkak atau berjalan, membuat bayi mengeluarkan banyak energi sehingga diperlukan tambahan energi dari luar.

(Baca juga: Saluran Cerna Anak Sensitif? Berikan Makanan Ini)

Ia menjelaskan, baiknya bayi diperkenalkan dengan penganan yang bertekstur cair terlebih dahulu, sebelum akhirnya bisa mengunyah makanan padat.

"Misalnya untuk bayi 8 bulan baiknya diberi jus dulu, kalau untuk mulai ke makanan padat disesuaikan dengan perkembangan anak nanti," sarannya.

Diana menyarankan untuk memberikan makanan yang sifatnya biji-bijian utuh atau biasa dikenal dengan whole grain. 

Hal ini dikarena ada berbagai nutrisi berguna bagi bayi dari kulit hingga bagian inti makanan. Misalnya, bagian kukit ari mengandung serat, vitamin B, dan fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan.



"Bagian dalam whole grain didominasi oleh karbohidrat dan protein yang juga baik dalam tubuh. Bahkan, makanan ini memgandung lemak tak jenuh," tambahnya.

Selain itu, manfaat lain dari whole grain adalah menurunkan risiko penyakit degeneratif dan penyakit tak menular seperti obesitas, diabetes melitus, jantung koroner, dan penyakit-penyakit lain. 






(TIN)