Konsumsi Satu Gelas Alkohol Per Hari Tingkatkan Risiko Kanker Payudara Hingga 9 Persen

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 23 May 2017 17:49 WIB
kanker payudara
Konsumsi Satu Gelas Alkohol Per Hari Tingkatkan Risiko Kanker Payudara Hingga 9 Persen
Penelitian menyebutkan bahwa olahraga tingkat berat, seperti berlari atau bersepeda, dapat menurunkan risiko kanker payudara sebesar 17 persen pada wanita perimenopause dan 10 persen pada wanita pascamenopause. (Foto: Brolink)

Metrotvnews.com, Jakarta: Konsumsi alkohol memang diketahui dapat meningkatkan risiko sejumlah kanker. Sebuah studi dari American Institute for Cancer Research bahkan melakukan penelitian untuk melihat seberapa banyak asupan alkohol yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara. 

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa satu gelas alkohol per hari dapat meningkatkan risiko kanker payudara hingga sembilan persen. 

Laporan yang merupakan bagian dari Continuous Update Project (CUP), yang memantau dan menganalisa penelitian seputar pencegahan kanker dari seluruh dunia, tersebut menemukan bahwa minum satu gelas seberat 10 gram alkohol per hari dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita perimenopause sebesar enam persen dan sembilan persen pada wanita pascamenopause. 



Berita ini cukup mencemaskan karena rata-rata konsumsi standar alkohol adalah 14 gram.

"Saya sangat tekejut dengan hasil ini, peningkatan bisa terjadi hanya dalam satu gelas per hari," tukas pemimpin studi Dr. Anne Tiernan pada Medical Daily melalui e-mail. 

Bir, anggur, dan jenis alkohol lainnya memiliki efek yang sama. 

(Baca juga: Tiga Tahapan Menopause)

Namun, penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa olahraga tingkat berat, seperti berlari atau bersepeda, dapat menurunkan risiko kanker payudara sebesar 17 persen pada wanita perimenopause dan 10 persen pada wanita pascamenopause. 

Selain itu, olahraga sedang seperti berjalan kaki dan berkebun dapat menurunkan risiko hingga 13 persen dibandingkan wanita yang tak pernah berolahraga. 

"Bagi wanita pascamenopause, aktivitas fisik bersifat protektif. Artinya, semua jenis olahraga baik ringan, sedang, maupun berat dapat dilakukan dalam segala bentuk seperti sebagai rekreasi, pekerjaan, transportasi, atau aktivitas rumah tangga," terangnya.



Sementara, bagi wanita muda yang bekerja di depan komputer, disarankan untuk melakukan kegiatan fisik sederhana seperti berdiri sesekali, berjalan kaki, atau olahraga seperti bersepeda. 

Penelitian tersebut juga mengungkapkan beberapa hal lain pemicu kanker payudara pada wanita pascamenopause seperti kelebihan berat badan. 








(TIN)