Bahaya Minuman Karbonasi yang Harus Anda Tahu

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 09 Jun 2017 16:26 WIB
kesehatan
Bahaya Minuman Karbonasi yang Harus Anda Tahu
Terlalu banyak mengonsumsi soda dapat mengintervensi kemampuan tubuh untuk memproses kalsium, mineral yang penting untuk perkembangan tulang. (Foto: Pinterest/Fantabulosity)

Metrotvnews.com, Jakarta: Semua orang tahu, meskipun enak, minuman karbonasi lebih banyak memberi efek buruk pada tubuh sehingga tak baik jika dikonsumsi berlebihan. 

Berikut adalah beberapa dampak buruk yang bisa disebabkan oleh minuman karbonasi.



1. Menjadi cepat haus

Minuman karbonasi atau soda mengandung kafein yang memicu buang air kecil. Ketika Anda minum air soda berlebih, maka Anda akan cepat haus dan dehidrasi. 



2. Risiko diabetes

Mereka yang senang konsumsi minuman karbonasi memiliki risiko diabetes yang lebih besar karena minuman tersebut umumnya mengandung banyak gula berlebih. 

(Baca juga: Soda dan Minuman Manis Menyumbang 184.000 Kematian per Tahun)



3. Kegemukan
Minuman karbonasi mengandung karbondioksida dimana tak memiliki kalori dan gas tanpa rasa sehingga peminum soda umumnya gemuk dan memiliki metabolisme buruk. 



4. Kerusakan gigi
Bahan kimia seperti asam karbon, asam fosfor, dan asam sitrat dapat menyebabkan erosi gigi dan kerusakan gigi. Banyaknya kandungan asam fosfor dalam soda dapat mengintervensi kemampuan tubuh untuk memproses kalsium, mineral yang penting untuk perkembangan tulang, sehingga dapat menyebabkan osteoporosis. 



5. Sakit perut
Minuman berkarbonasi dapat menyebabkan kelebihan produksi asam lambung, yang bisa mengiritasi lapisan perut dan menyebabkan tukak lambung. Selain itu, minuman soda juga bisa menyebabkan penumpukan udara di saluran pencernaan yang masuk ke dalam usus besar sehingga menimbulkan kembung. 








(TIN)