Omega-3 Bantu Kurangi Lemak Jahat dalam Darah

   •    Senin, 21 Aug 2017 15:38 WIB
kesehatankesehatan jantung
Omega-3 Bantu Kurangi Lemak Jahat dalam Darah
Ilustrasi omega-3. (Foto: TheISSNStock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Asam lemak esensial seperti omega-3 umumnya hanya dikonsumsi oleh anak-anak di masa pertumbuhan. Omega-3 pada anak berfungsi membantu perkembangan sel otak terutama di usia emas 1-5 tahun.

Namun ternyata omega-3 tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak, dewasa pun kadang perlu asupan asam lemak esensial itu untuk mengurangi kadar lemak jahat dalam darah.

"Untuk orang dewasa tetap diperlukan karena kita tahu seiring bertambahnya usia kemungkinan risiko plak pembuluh darah terutama di arteri itu tinggi," ungkap Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr. Bachtiar Rahmat, dalam Metro I-Care, Minggu 20 Agustus 2017.

Kandungan omega-3 biasanya dapat ditemukan di berbagai jenis ikan, terutama salmon. Namun, asam lemak esensial ini juga bisa ditemukan di dalam telur, kacang-kacangan dan susu. 

Untuk dewasa, kebutuhan asam lemak esensial seperti omega-3 ada pada kisaran 300-500 miligram per hari. Mengukur jumlah kadar omega-3 dalam suatu makanan memang memerlukan usaha lebih, namun menurut Bachtiar paling tidak asam lemak esensial itu bisa ditemukan di makanan yang sumber zat gizinya seimbang, tidak satu jenis makanan saja.

"Asam lemak tadi kita harus tahu kebutuhan kita berapa setiap hari. Kalau dari makanan sehari-hari (gizinya) sudah cukup, tidak perlu lagi tambahan omega," katanya.

Agar zat gizi yang didapatkan seimbang Bachtiar menyarankan untuk memilih jenis makanan dengan sumber zat gizi yang berbeda seperti mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan serat dalam satu porsi.

"Dan sebisa mungkin kita tahu apa yang kita makan dan tahu kebutuhan kita sehari-hari seperti apa jadi tidak berlebihan," jelasnya.




(MEL)