Minyak Zaitun Efektif untuk Terapi Kanker Otak

Nia Deviyana    •    Selasa, 06 Jun 2017 15:14 WIB
studi kesehatan
Minyak Zaitun Efektif untuk Terapi Kanker Otak
(Foto: Daily Mail)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nutrisi minyak zaitun tak sebatas untuk kecantikan kulit, tetapi juga dapat digunakan sebagai terapi kanker otak. Makanan yang masuk dalam menu diet mediterania ini mengandung senyawa yang disebut asam oleat yang berfungsi menghentikan pertumbuhan gen penyebab kanker di sel otak. 

Belum pasti apakah meningkatkan konsumsi minyak zaitun dapat mencegah kanker otak. Namun hasil penelitian menunjukkan, minyak zaitun dapat menjadi terapi baru penyakit mematikan ini, demikian dilansir Daily Mail.

"Kita belum bisa mengatakan bahwa minyak zaitun dalam makanan dapat mencegah kanker otak, namun temuan kami menunjukkan bahwa asam oleat dapat mendukung produksi molekul yang mampu menekan tumor dalam sel," ujar penulis studi Dr Gracjan Michlewski dari University of Edinburgh.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui lebih dalam manfaat minyak zaitun dalam mencegah penyakit.

Dalam penelitiannya, Michlewski menganalisis dampak asam oleat pada miR-7, molekul sel yang dapat menekan pembentukan tumor otak.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal of Molecular Biology ini menunjukkan bahwa asam oleat menjadi senjata yang mencegah protein tertentu menghambat produksi miR-7. Semakin banyak miR-7 diproduksi, peluang pasien untuk sembuh semakin besar.


(DEV)