Mengurangi Waktu Mandi Bayi dapat Cegah Timbulnya Eksem?

Yatin Suleha    •    Jumat, 18 Nov 2016 13:18 WIB
kesehatan anak
Mengurangi Waktu Mandi Bayi dapat Cegah Timbulnya Eksem?
Penggunaan sampo atau sabun bayi selama lima kali dalam seminggu bisa menjadikan kulit bayi kering. (Foto: Findthetop10)

Metrotvnews.com, Jakarta: Drama ketika bayi akan mandi adalah, ia akan rewel karena masih pagi sudah dibangunkan. Atau sedang enak-enaknya tidur siang yang masih berlanjut sampai sore, ia dibangunkan kembali untuk mandi sore.

Lain cerita ketika ia sudah terkena air hangat yang menyamankan tubuhnya, ia malah menyukainya. Mungkin hasil penelitian berikut ini bisa membuat Anda sedikit tenang, bila Anda tidak terlalu suka memandikan si kecil.

(Baca juga: Momen Perkembangan Bayi yang Menggemaskan)

Riset Dr. Erick Simpson, dari Oregon Health & Science University di Portland mengatakan bahwa penggunaan sampo atau sabun bayi selama lima kali dalam seminggu bisa menjadikan kulit bayi kering.

Bahkan Dr. Erick menambahkan hal tersebut bisa memicu risiko bayi terkena eksem pada 10-20 persen anak. Untuk mengurangi risiko ini, Dr. Simpson menganjurkan orangtua agar memilih sabun dan sampo yang tidak mengandung pewangi dan dibuat untuk kulit sensitif.

"Jangan lupa juga oleskan krim atau salep bayi yang tidak mengandung pewangi setiap kali bayi selesai dimandikan," tambah Dr. Simpson.






(TIN)