Merokok Bikin Rambut Cepat Beruban

Nia Deviyana    •    Minggu, 20 Nov 2016 15:53 WIB
tips kesehatan
Merokok Bikin Rambut Cepat Beruban
(Foto: stylecraze)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bertambahnya usia adalah  faktor utama terjadinya penuaan pada tubuh, termasuk tumbuhnya uban pada rambut. Namun, masalah tumbuhnya uban ini tak hanya terjadi pada orang yang beranjak tua, tetapi juga pada orang muda.

Marie Jhin, MD, ahli dermatologi yang berbasis di San Francisco ini mengatakan, faktor genetis bisa saja membuat uban tumbuh lebih awal.

Namun, jika dalam riwayat keluarga Anda tak ada yang memiliki uban di usia muda, bisa jadi empat hal ini penyebabnya.

1. Stres

Banyak penelitian yang menemukan hubungan antara stres dengan tumbuhnya uban. Salah satunya, studi pada 2013 yang dilakukan New York University yang menemukan bahwa stres dapat mengakibatkan penipisan sel induk dari dasar folikel rambut tikus.

2. Memiliki masalah pada kesehatan

Kondisi ini biasanya terjadi pada penderita penyakit tiroid dan pasien yang memiliki masalah dengan kelenjar hipofisis.  Penyakit autoimun seperti alopecia dan vitiligo juga dapat menyebabkan rambut menjadi cepat beruban.

3. Kekurangan vitamin

Penyebab lain yang membuat rambut Anda cepat beruban yakni kekurangan vitamin B12. Anda yang menjalani pola makan vegan, atau minum pil KB juga rentan mengalami pertumbuhan uban lebih awal.

4. Merokok

Merokok tak hanya membuat sel-sel dalam tubuh rusak dan kulit keriput, tetapi juga mempercepat tumbuhnya uban. Hal ini pernah dibuktikan lewat penelitian yang menunjukkan hubungan antara merokok dan tumbuhnya uban sebelum usia 30.


(DEV)