Berat Sepatu Pengaruhi Kecepatan dan Energi yang Dikeluarkan

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 10 Nov 2016 11:02 WIB
studi kesehatan
Berat Sepatu Pengaruhi Kecepatan dan Energi yang Dikeluarkan
Sudah lama diketahui bahwa beratnya sepatu memang memengaruhi kecepatan seseorang dalam berlari. (Foto: Watchfit)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa seseorang akan berlari semakin lambat jika mengenakan sepatu yang berat meskipun jarak pendek.

Sudah lama diketahui bahwa beratnya sepatu memang memengaruhi kecepatan seseorang dalam berlari. Namun, para peneliti dari University of Colorado Boulder ingin membuktikan hal tersebut.

Para peneliti merekrut 18 pelari kompetitif untuk percobaan berlari sejauh 3 ribu meter dalam rute dalam ruangan, sekali seminggu dalam tiga minggu. Tanpa mereka ketahui, peluru kecil dimasukkan pada dua dari tiga pasaang sepatu yang mereka kenakan.

Berat sepatu yang biasa mereka kenakan sekitar 200 gr, sementara jumlah peluru yang ditambahkan pada sepasang sepatu pertama adalah 100 gr dan sepatu kedua adalah 300 gr.

(Baca juga: Ini Persiapan Penting Sebelum Ikuti Lari Maraton)

Untuk mencegah para pelari menyadari adanya berat tambahan, para peneliti memberikan sepatu tersebut pada pelari. Namun ternyata para partisipan menyadarinya. 

Mereka melangkah dengan berbeda, lebih lambat satu persen saat mengenakan sepatu pertama yang diberi tambahan berat 100 gr. Para peneliti mengkalkulasi, mereka yang berlari menggunakan sepatu 100 gr lebih ringan dari normal bisa lari 57 detik lebih cepat saat lari maraton.

Studi tersebut juga mengukur seberapa banyak energi yang  para pelari keluarkan dengan cara melihat konsumsi oksigen dan produksi karbondioksida saat berlari menggunakann ketiga sepatu. Hasilnya, energi yang dikeluarkan meningkat satu persen saat mengenakan sepatu dengan tambahan 3,5 gr.


 


(TIN)