Selain Alkohol, Ketahui 4 Hal yang Bisa Merusak Kesehatan Usus

Torie Natalova    •    Kamis, 05 Oct 2017 11:32 WIB
tips kesehatan
Selain Alkohol, Ketahui 4 Hal yang Bisa Merusak Kesehatan Usus
(Foto: Ccloudfront)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam sebuah studi terbaru di Amerika, ilmuwan menemukan bahwa mikroorganisme di usus tidak hanya memengaruhi fungsi sel kekebalan tubuh, tetapi juga mendukung produksi sel kekebalan tubuh yang membentuk garis pertahanan pertama melawan infeksi.

 
Dua pertiga sistem kekebalan tubuh Anda berasal dari usus. Karenanya, usus seringkali disebut "otak kedua" karena tugasnya yang mengatur banyak fungsi tubuh. 
 
Karena jumlah neurotransimter dalam jumlah besar diproduksi di usus, ini berarti saluran pencernaan Anda sebagian besar bertanggungjawab atas kesehatan fisik dan mental Anda.
 
Sangat jelas bahwa usus yang sehat sangat penting untuk kebahagiaan dan kesehatan. Namun, masih banyak orang yang memiliki masalah pencernaan secara berkala. Dan inilah beberapa hal ini dapat merusak kesehatan usus.
 
1. Gandum
 
Ada penelitian baru yang menunjukkan gandum buruk, terutama untuk orang yang sensitif dengan gandum. Meski Anda tidak menderita penyakit celiac, gandum dapat memicu asam lambung, radang usus dan penyakit lainnya. Gandum dapat mengubah asam amino dan protein gliadin yang dapat membaut Anda lapar dan merusak kesehatan usus. Anda bisa mengganti gandum dengan quinoa yang kaya protein.
 
2. Alkohol
 
Minuman beralkohol mengandung sedikit nutrisi namun banyak mengandung nutrisi untuk dimetabolisme. Ketika alkohol dimetabolisme di hati, racun dipecah atau disimpan dalam tubuh. Penyalahgunaan alkohol dapat memberi tekanan pada hari yang mempengaruhi kompetensi pencernaan dan merusak saluran cerna.
 
3. Antibiotik
 
Antibiotik memang dapat menyelamatkan banyak nyawa terlebih mereka yang terkena penyakit akibat bakteri. Tetapi, antibiotik tidak memberi mikroba baik Anda sebagai umpan bebas saat memasuki saluran pencernaan sehingga antibiotik seringkali membunuh bakteri baik di usus dan merusak sistem kekebalan juga kesehatan usus Anda.
 
4. Stres kronis
 
Stres yang parah dapat menyebabkan tubuh Anda memproduksi lebih sedikit sekresi igA, salah satu garis pertahanan kekebalan yang pertama. Tubuh Anda juga merespon stres dengan memperlambat pencernaan yang mengurangi aliran darah ke organ pencernaan dan menghasilkan metabolit toksik.
 
5. Kurang tidur
 
Tubuh akan kehilangan waktu untuk melakukan "perbaikan" yang dibutuhkan ketika tidur. Kurang tidur menyebabkan stres dan kadar kortisol lebih tinggi, yang telah dikaitkan dengan kebocoran usus. Tidur kurang dari 7-8 jam semalam juga menghilangkan siklus tidur relaksasi untuk memperbaiki jaringan usus tinggi energi.
 



(DEV)