Tips Memanfaatkan Spons Pembersih yang Sudah Tak Terpakai

Raka Lestari    •    Senin, 30 Oct 2017 06:00 WIB
tips & trik
Tips Memanfaatkan Spons Pembersih yang Sudah Tak Terpakai
(Foto: Waystocap)

Metrotvnews.com, Jakarta: Spons pembersih merupakan alat yang ideal untuk membersihkan karena sangat baik dalam menahan air. Kelemahannya adalah karena spons sangat baik dalam menyerap air, hal itu membuat spons lebih mudah rusak.

Sebuah studi baru-baru ini di Scientific Reports  menemukan bahwa tidak ada metode yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lebih dari 60 persen bakteri yang ada pada spons pembersih. Untuk menjaga agar spons pembersih tetap  bersih, para peneliti mengatakan sebaiknya menukar spons baru sekali seminggu.

Namun terlalu sering membeli spons pengganti sepertinya bisa membuat Anda boros, jadi apa yang harus Anda lakukan agar tetap bisa berhemat?

Ternyata, Anda tidak perlu membuang spons lama Anda dari dapur.

Hal pertama yang bisa dilakukan: Setelah Anda membersihkan sisa makanan dan membersihkan sebanyak mungkin kuman, Anda bisa menggunakannya untuk hal-hal lainnya. Gunakan spons yang sudah tak terpakai untuk membersihkan kamar mandi, ujar ahli mikrobiologis Markus Egert kepada New York Times.

Anda juga bisa menggunakannya untuk menghapus noda kotor seperti pada ban kendaraan dan tempat sampah. Satu hal yang perlu Anda ingat, bahwa spons yang sudah kotor jangan digunakan lagi untuk keperluan dapur Anda.

This Old House juga merekomendasikan untuk berkreasi dengan bagaimana Anda menggunakan spons yang sudah tidak terpakai. Misalnya, Anda bisa meletakkannya di bawah tanah pekebunan untuk menyimpan air, atau menempelkan lem ke bagian bawah kaki perabotan atau bagian belakang bingkai foto untuk mencegah bekas pada dinding Anda.

 


(DEV)