Memakai Sepatu Tanpa Kaus Kaki Picu Infeksi "Kaki Atlet"

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 10 Oct 2017 12:43 WIB
kesehatan kulit
Memakai Sepatu Tanpa Kaus Kaki Picu Infeksi Kaki Atlet
Jika Anda enggan menggunakan kaus kaki, solusi lain untuk menghindari kaki atlet adalah menyiapkan dua pasang sepatu agar tak lembap. (Foto: Noah Buscher/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit orang yang terbiasa memakai sepatu tanpa kaus kaki. Ternyata, hal tersebut dapat memberi dampak buruk pada kesehatan kulit kaki.

Kaki memiliki sekitar 250 ribu kelenjar keringat dimana kerja kelenjar tersebut akan semakin banyak ketika berolahraga atau berdiri. 

Kaus kaki katun, yang merupakan bahan paling umum, membuat kulit menjadi lembap sehingga kaki menjadi lecet dan bau. 

(Baca juga: Memakai Sepatu dalam Ruangan Memicu Bertambahnya Bakteri di Rumah)



Meskipun terlihat keren, sebaiknya kebiasaan tersebut segera dihilangkan karena dapat menimbulkan efek merugikan. Society of Podiatric dari Inggris menyarankan menggunakan bahan sutra atau wool untuk menghindari efek tersebut. 

Tanpa kaus kaki, keringat akan terserap oleh alas sepatu, yang membutuhkan sekitar 24-48 jam untuk kering. 

Jamur yang tinggal dalam kulit akan berkembang menjadi berkali-kali lipat karena berada dalam lingkungan yang lembap, gelap, dan hangat. Akibatnya, akan muncul infeksi jamur kronis, atau dikenal dengan Tinea Pedis atau "kaki atlet." 

Menurut The Guardian, kaki atlet membuat kulit menjadi kemerahan, bersisik, gatal, dan pecah-pecah. 

Gangguan tersebut bisa menyebar ke kuku, yaitu membuatnya menjadi menguning. Bahkan, bakteri pada infeksi lanjutan tersebut dapat membuat kaki membengkak. 



Kaus kaki, karena dapat menyerap keringat, dapat membantu mengurangi risiko kaki atlet bila diganti setiap hari. 

Jika Anda enggan menggunakan kaus kaki, solusi lain untuk menghindari kaki atlet adalah menyiapkan dua pasang sepatu setiap hari dimana ketika satu sepatu lembap karena dipakai terlalu lama, Anda bisa menggunakan sepatu lain sambil mengeringkan sepatu lembap. 











(TIN)