6 Manfaat Srikaya untuk Kesehatan

Pelangi Karismakristi    •    Senin, 27 Nov 2017 16:28 WIB
6 Manfaat Srikaya untuk Kesehatan
Satu buah srikaya ukuran sedang mengandung sekitar 6 gram serat yang bisa meringankan sembelit. (Foto: Wikimedia Commons)

Jakarta: Buah srikaya selain punya raza yang lezat juga punya segudang manfaat yang baik bagi tubuh. Antara lain bagus untuk kesehatan jantung, kulit, tulang dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Buah yang punya bentuknya unik ini kaya akan antioksidan, vitamin C, yang bisa menangkal radikal bebas, baik juga karena terkandung kalsium, zat besi, pottasium, vitamin A, serat dan magnesium. Srikaya dipercaya bisa menyembuhkan bisul, masalah gusi, serta pengobatan kanker.

Berikut ini sederet khasiat lainnya dari buah srikaya yang bisa Anda ketahui, seperti dilansir dari Boldsky, Senin 27 November 2017:

1. Mencegah asma
Jumlah vitamin B6 yang tinggi dapat membantu mengurangi peradangan bronkial. Hal ini dapat mencegah Anda dari serangan asma.

2. Mencegah serangan jantung
Kandungan magnesium pada srikaya membantu melindungi jantung Anda tetap sehat dan bisa mengendurkan otot. Selain itu, vitamin B6-nya dapat mencegah timbulnya homocystein, yang bisa meminimalisir resiko penyakit jantung.

(Baca juga: Atasi Masalah Kulit dengan Konsumsi Buah Srikaya)


(Srikaya mengandung natrium dan kalium seimbang, sehingga bisa mengendalikan fluktuasi tekanan darah dalam tubuh. Foto: Courtesy of Arisa Nimmanahaeminda/Pinterest)

3. Mengurangi resiko diabetes
Serat yang terdapat pada buah ini dapat membantu menyerap kadar gula darah, yang akhirnya bisa mengurangi resiko diabetes tipe II. Tak hanya itu saja, vitamin C dalam srikaya juga dapat mengatur gula darah, sehingga memberikan perlindungan pada penderita diabetes. Sedangkan magnesium dan kaliaumnya memacu produksi insulin yang bisa mengatur glukosa dalam tubuh.

4. Meredamkan gangguan pencernaan
Satu buah srikaya ukuran sedang mengandung sekitar 6 gram serat yang bisa meringankan sembelit. Sedangkan srikaya kering dapat ditumbuk menjadi bubuk dan dapat dikonsumsi dengan air untuk menyembuhkan disentri dan diare.

5. Mengendalikan tekanan darah 
Srikaya mengandung natrium dan kalium seimbang, sehingga bisa mengendalikan fluktuasi tekanan darah dalam tubuh. Tingginya kadar magnesium pada buah ini bisa melemaskan otot-otot halus pada jantung, dan menenangkan, sehingga bisa mencegah serangan jantung dan stroke.

6. Baik untuk penglihatan
Melimpahnya vitamin A dan C dalam buah ini membuatnya bermanfaat bagi penglihatan. Selain itu, adanya riboflavin dan vitamin B2 bisa menghancurkan radikal bebas, yang bisa membantu mencegah masalah yang berkaitan dengan mata.







(TIN)