Kerang Baik Dikonsumsi Penderita Tekanan Darah Rendah

Anindya Legia Putri    •    Selasa, 05 Dec 2017 14:55 WIB
tips kesehatan
Kerang Baik Dikonsumsi Penderita Tekanan Darah Rendah
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Tekanan darah yang tidak normal dapat memicu berbagai masalah pada tubuh. Umumnya, orang lebih takut pada tekanan darah tinggi dibandinkan darah rendah. Akan tetapi, bahaya darah rendah juga tidak bisa disepelakan.

Darah terdiri dari sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Sel darah merah terdiri dari senyawa kimia besi tertentu yang secara medis disebut hemoglobin. Satu-satunya fungsi hemoglobin adalah membawa oksigen dari jantung ke semua organ tubuh lainnya. Hemoglobin juga mengumpulkan karbon dioksida dari sel-sel tubuh dan membawa kembali ke paru-paru untuk dikeluarkan dari tubuh.

Jadi, bila jumlah hemoglobin berkurang dalam darah, tubuh menjadi sangat lemah sehinga suplai oksigen menjadi lebih rendah. Untuk mengatasinya, asupan makanan tertentu dapat membantu menstabilkan tekanan darah.

1. Daging

Asupan protein hewani cukup penting untuk meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh. Semua varietas daging merah seperti daging sapi, kambing, dan hati adalah sumber zat besi yang sangat baik yang diperlukan untuk produksi hemoglobin.

2. Buah-buahan

Jeruk, lemon, dan mangga merupakan sumber vitamin C yang sangat penting untuk penyerapan zat besi. Stroberi, apel, semangka, jambu biji, dan buah delima juga kaya kandungan zat besi yang bisa langsung meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh.

3. Seafood

Berbagai jenis makanan laut diperkaya dengan zat besi dan mineral lainnya yang penting bagi pertumbuhan kadar hemoglobin. Jadi, yang terbaik adalah menyertakan tiram, kerang dan varietas makanan laut sehat lainnya dalam makanan pasien anemia.

 4. Biji-bijian

Beras, gandum, barley adalah asupan terbaik untuk pasien anemia. Biji-bijian ini juga merupakan sumber karbohidrat yang bisa membuat tubuh berenergi. Beras merah terutama dikenal sebagai sumber zat besi yang baik untuk segala umur.

5. Sayuran segar

Konsumsi sayuran segar secara rutin selalu disarankan untuk persediaan besi dan mineral lainnya, ditambah dengan berbagai jenis vitamin. Kentang, brokoli, tomat, labu, dan bit umumnya dapat menyembuhkan kekurangan zat besi dalam tubuh manusia. Bayam dan beberapa sayuran berdaun hijau lainnya juga merupakan sumber zat besi yang sangat baik dalam makanan biasa.

6. Telur

Telur adalah makanan hewani yang mengandung zat besi dan nutrisi penting lainnya. Terutama kuning telur, sangat diperkaya dengan mineral dan vitamin, dimana semua orang lemah dianjurkan untuk mengonsumsi telur rebus setiap hari.

7. Buah kering

Berbagai jenis buah kering, seperti kismis, aprikot, dan kurma merupakan sumber zat besi, vitamin dan serat yang kaya. Dengan demikian, buah-buahan ini merupakan bagian utama dari makanan yang diresepkan untuk pasien anemia untuk meningkatkan hemoglobin lebih cepat.

8. Kacang

Hampir semua jenis kacang dianggap sehat untuk tubuh manusia. Orang-orang muda didorong untuk mengonsumsi kacang almond, kacang mete, kacang tanah dan kenari untuk memenuhi kebutuhan besi secara teratur di tubuh mereka.

9. Cokelat

Cokelat merupakan makanan favorit banyak orang, terutama untuk anak-anak. Maka para dokter menganjurkan asupan dark chocolate yang bisa memenuhi permintaan besi dalam jumlah besar dalam tubuh manusia normal.




(DEV)