Sebelum Berolahraga, Hindari Beberapa Makanan Ini

Sunnaholomi Halakrispen    •    Minggu, 20 Jan 2019 17:07 WIB
kesehatan
Sebelum Berolahraga, Hindari Beberapa Makanan Ini
Hindari makanan yang bisa mengganggu olahraga Anda (Foto Ilustrasi: Trust/Unsplash.com)

Jakarta: Tubuh ideal bisa dicapai dengan berolahraga secara rutin. Namun, ada sejumlah makanan yang seharusnya tidak boleh dikonsumsi sebelum olahraga. Berikut di bawah ini menunya:

1. Granola 
Granola merupakan makanan ringan terbuat dari oat, kacang-kacangan, dan buah kering yang dipanggang. Granola atau protein bar biasanya mengandung pemanis, seperti gula merah atau madu. Apabila Anda tetap ingin memakan protein bar, periksa dahulu komposisinya dan pastikan kandungan gulanya tidak banyak.

Mungkin Anda berpikir mengonsumsi granola atau protein bar sebelum berolahraga atau pergi ke gym, karena ringan tetapi mengenyangkan. Tetapi, karena mengandung banyak gula, tubuh Anda akan terbakar dengan cepat.

2. Sayuran Serat Tinggi
Tubuh Anda membutuhkan serat, tetapi tidak sebelum olahraga. Sayuran seperti brokoli, kubis brussel, atau kembang kol sulit dicerna oleh tubuh dan membuat olahraga Anda tidak nyaman. Jika ingin mengonsumsi sayuran sebelum olahraga, sebaiknya Anda memakan sayuran yang lebih mudah dicerna, seperti asparagus atau kentang yang dimasak dengan baik.

3. Makanan Tinggi Lemak
Tidak semua lemak buruk bagi tubuh. Tetapi, makanan yang mengandung banyak lemak bisa menjadi ide buruk jika Anda hendak berolahraga. Sementara itu, makanan seperti daging merah dapat menjadi rekomendasi terbaik untuk dikonsumsi karena dapat mengubah lemak menjadi energi.

4. Yogurt
Yogurt sama seperti protein bar, Anda harus memeriksa komposisinya dengan cermat untuk memastikan kadar gula dalam produk yogurt. Perlu diperhatikan juga apakah tubuh Anda mudah untuk mencerna susu, agar tidak memperburuk kondisi tubuh Anda saat berolahraga.

Smoothie juga tidak disarankan untuk dikonsumsi sebelum workout karena kandungan pemanis dan memiliki sekitar 800 kalori. Meskipun smoothie dapat memberikan nutrisi pada tubuh, akan tidak ideal karena memberikan sedikit energi sebelum energi itu dikeluarkan saat olahraga.

5. Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji mungkin menggoda, terturama ketika Anda dalam perjalanan menuju tempat gym. Ketika Anda memakannya Anda akan merasa kenyang dan kandungan lemak juga gula dalam makanan cepat saji dapat membuat Anda mengerahkan banyak tenaga ketika olahraga.

Sarapan Tepat Aktivitas Lancar



(FIR)