Menkes Resmikan Balitbangkes

Dhaifurrakhman Abas    •    Selasa, 18 Dec 2018 17:44 WIB
menteri kesehatan
Menkes Resmikan Balitbangkes
Menteri Kesehatan RI Nila F. Moloek (Foto: Wahyu Putro A/Antara)

Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F. Moloek, meresmikan Gedung Pelayanan Publik Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) pada Selasa, 18 Desember 2018. Balitbangkes diharapkan bermanfaat untuk mengembangkan pengetahuan masyarakat Indonesia.

"Saya kira gedung ini dimanfaatkan untuk pelayanan informasi publik," kata Nila, dalam peresmian Gedung Balitbangkes, Jakarta, Selasa 18 Desember 2018.

Gedung Balitbangkes menyediakan bahan pembelajaran beserta berbagai informasi soal kekayaan alam nusantara. Dalam kesempatan itu, Nila turut menegaskan agar Balitbangkes bisa tersosialisasi pada instansi terkait kesehatan dan kedokteran supaya bisa dikembangkan dan dimanfaatkan dengan baik. 

"Saya memikirkan untuk Kepala Balitbangkes agar bisa tersosialisasi. Tolong ajak perusahaan farmasi. Karena kita ini begitu banyaknya tumbuhan herbal, ini harus dipikirkan, mau dijadikan apa," tambahnya.

Gedung Balitbangkes ini menyajikan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Di sini terdapat ribuan koleksi buku kesehatan dan kedokteran dalam lintas bahasa. 

Selain itu, Balitbangkes juga menyediakan ragam jurnal penelitian yang sudah diakui Badan Kesehatan Dunia (WHO) berbentuk elektronik. Berikut galeri riset kesehatan berbentuk pameran ilustratif dan miniatur.

Bukan hanya itu, Balitbangkes juga menyediakan bantuan untuk para akademisi dan mahasiswa dalam perancangan penelitian. Sebabnya, para pengguna data akan terhubung dengan layanan data, seperti pemberian material transfer agreement (MTA), permohonan ethical clearance penelitian kesehatan, serta informasi pendampingan pembuatan proposal penelitian ilmiah.

"Mungkin saya pribadi belum bisa melihat secara luas dan secara komprehensif apa yang kita punyai. Saya kira gedung ini bisa dimanfaatkan dengan baik," pungkas Nila.


(FIR)