Waspadai Kekurangan Vitamin B12

Torie Natalova    •    Kamis, 17 Aug 2017 12:39 WIB
vitamin
Waspadai Kekurangan Vitamin B12
Kadar vitamin B12 yang rendah juga dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti jantung, depresi, gangguan kecemasan, Alzheimer, autisme dan penyakit mental. (Foto: Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Vitamin A, C, dan D, merupakan jenis vitamin yang paling sering didengar dan dikenal banyak orang. Padahal, ada sejumlah vitamin lain yang perlu Anda ketahui lebih dalam manfaatnya.

Salah satunya adalah vitamin B12. Jangan anggap remeh vitamin ini, karena kekurangan vitamin B12 tidak dapat terdeteksi hingga bertahun-tahun.

Kekurangan vitamin B12 biasanya baru dapat disadari ketika Anda mengalami kelelahan yang sangat parah, sesak napas, kelemahan otot, mati rasa atau kesemutan di tangan dan kaki.

Vitamin B12 sangat penting untuk sistem saraf tubuh dan menciptakan DNA juga RNA. Tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk menjaga kesehatan pencernaan hingga suasana hati.

Beberapa tanda berikut ini menunjukkan Anda kemungkinan mengalami kekurangan vitamin B12. Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa dari tanda-tanda ini, usahakan untuk memperhatikan asupan vitamin B12.

(Baca juga: Nutrisi yang Dibutuhkan Mata Selain Vitamin A)



1. Mengalami gangguan autoimun
Salah satu tanda tubuh kurang menyerap vitamin B12 adalah masalah gula darah dan kelainan sistem kekebalan tubuh seperti penyakit lupus. Jika mengalami ini, Anda tidak cukup dengan hanya mengonsumsi daging merah, tetapi perlu asupan suplemen vitamin B12.

Kadar vitamin B12 yang rendah juga dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti jantung, depresi, gangguan kecemasan, Alzheimer, autisme dan penyakit mental.



2. Vegetarian
Para ahli berpendapat orang yang menjalani hidup sebagai seorang vegetarian tidak akan mencukupi kebutuhan vitamin B12 mereka karena tidak mengonsumsi daging. Padahal, satu-satunya cara untuk mendapatkan asupan B12 yang tinggi adalah dengan mengonsumsi daging.

Namun, jika Anda vegetarian dan menghindari produk hewani, Anda bisa dipastikan mengalami kekurangan vitamin B12. Inilah salah satu penyebab kebanyakan vegetarian memiliki kulit yang pucat dan terlihat lemah.



3. Kekurangan vitamin B12 di atas usia 50 tahun
Usia yang semakin tua dapat menghambat kemampuan tubuh Anda menyerap vitamin B12 dari diet atau makanan Anda. Tidak hanya mengalami kekurangan vitamin B12, seiring bertambahnya usia Anda juga akan mengalami gejala kekurangan vitamin ini seperti masalah ingatan atau kurangnya stamina.












(TIN)