Sehatkah Makan Buah Langsung Potong?

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 13 Jul 2017 17:00 WIB
kesehatan
Sehatkah Makan Buah Langsung Potong?
Buah yang sudah terpotong, lanjutnya, berisiko besar sudah terkena banyak paparan sinar matahari sehingga kerusakan pada vitamin pun makin banyak. (Foto: Pinterest/Instagram)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit toko swalayan yang menyediakan buah dalam bentuk praktis, yaitu sudah dipotong rapi sehingga tinggal makan. Namun, baikkah makan buah potong tersebut untuk tubuh?

Tenyata, kandungan nutrisi dalam buah-buahan tersebut jadi berkurang bila dilepaskan dari kulitnya yang berfungsi sebagai pelindung. 



"Beberapa jenis buah mengandung vitamin C dan beta karoten yang bila terpapar sinar matahari akan terjadi oksidasi," ungkap dokter spesialis gizi klinis dr. Fiastusi Witjaksono MSc, MS, Sp.GK dalam media briefing di RPRTA Teratai Tebet, Kamis (13/7/17).

(Baca juga: Seberapa Banyak Harus Makan Buah dan Sayur?)

Buah yang sudah terpotong, lanjutnya, berisiko besar sudah terkena banyak paparan sinar matahari sehingga kerusakan pada vitamin pun makin banyak. 

"Untuk para pekerja yang ingin makan buah sebagai cemilan, lebih baik membawa buah utuh kemudian dipotong sendiri saat sudah berada di kantor," sarannya. 



Meski demikian, kandungan serat yang juga banyak terdapat pada buah tak terpengaruh oleh paparan sinar matahari sehingga manfaatnya tak berkurang. 

Terkait serat, dr. Fiastuti juga menyarankan untuk mengolah buah dengan cara melumat, bukan memeras. Hal ini dikarenakan proses pelumatan tidak menghilangkan serat dalam buah, sementara bila hanya mengambil sari, maka serat tak bisa dikonsumsi lagi karena telah menjadi sisa ampas.









(TIN)