Tips Memasak Makanan untuk Dikonsumsi Bumil

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 31 Aug 2017 11:15 WIB
tips kesehatan
Tips Memasak Makanan untuk Dikonsumsi Bumil
(foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemikiran yang berkembang di masyarakat, ibu hamil atau bumil harus menghindari makanan tertentu agar janin yang dikandung tetap sehat. Namun, itu hanya mitos belaka.

Menurut dr Juwalita Surapsari, M. Gizi, SpGK, bumil bisa makan apa saja asalkan gizinya terpenuhi.

Namun, ia mengimbau agar makanan dimasak dengan baik guna menghindari keracunan makanan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

"Pertama, sebaiknya menghindari makanan yang digoreng karena beberapa nutrisi akan hilang jika dimasak dalam jangka waktu lama dan suhu yang terlalu panas," kata dia dalam edukasi kesehatan yang berlangsung di Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Kemudian, pengolahan sayur dilakukan dengan cara mengukus agar nutrisi yang terdapat didalamnya bertahan lebih lama. Demikian juga dengan pengolahan protein seperti daging ayam atau ikan yang sebaiknya dikukus atau dipanggang saja.

"Untuk minuman, mutlak harus hindari alkohol dan minum kopi seminim mungkin," tambahnya.

Sementara, untuk minuman penambah nutrisi, seperti susu khusus bumil, Juwalita berpendapat bahwa konsumsi jenis susu tersebut tidaklah wajib.

"Susu khusus bumil pada dasarnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Namun kalau tak cocok dengan tipikal susu ini, bisa diganti dengan cara lain untuk pemenuhan gizi," tandasnya.


(DEV)