Liburan Keluarga Tingkatkan Kebahagiaan Anak

Raka Lestari    •    Selasa, 19 Sep 2017 10:53 WIB
kesehatan mental
Liburan Keluarga Tingkatkan Kebahagiaan Anak
(Foto: Netdna)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut para ahli, melakukan travelling  bersama keluarga memiliki dampak panjang bagi kebahagiaan anak-anak.

"Liburan keluarga merupakan waktu yang berharga bagi anak-anak, dan akan terus dikenang oleh memori anak-anak baik pada saat liburan atau setelah liburan," ujar psikolog dan penulis buku Oliver James kepada The Telegraph.

Ia juga menambahkan "Ini semua tentang bagaimana Anda berbicara hal-hal ringan dengan orang tua Anda, makan es krim bersama dan momen yang tepat untuk mengenal keluarga lebih dalam. Jadi, jika Anda ingin melakukan sesuatu yang mengeluarkan banyak uang, liburan bersama keluarga merupakan salah satu pilihan."

Berlibur bersama anak-anak juga dapat bermanfaat bagi perkembangan otak mereka. Lingkungan baru dapat memperkuat interaksi sosial, fisik, kognitif, dan interaksi sensori pada anak-anak. Menghabiskan waktu bersama dengan anak dengan kata lain bisa meningkatkan IQ anak yang membuatnya menjadi lebih pintar.

Menurut penelitian tahun 2015 yang dilakukan oleh Family Holiday Association di luar Inggris, terdapat 49 persen responden mengatakan memori paling bahagia yaitu ada saat sedang berlibur bersama keluarga. Sepertiga dari mereka mengatakan masih dapat mengingat dengan jelas liburan dengan keluarga kecil mereka, dan seperempat dari mereka mencoba menggunakan kenangan indah tersebut untuk melewati masa-masa sulit mereka.




(DEV)