Jam Tidur Pengaruhi Kualitas Sperma

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 16 May 2017 10:45 WIB
kesehatan
Jam Tidur Pengaruhi Kualitas Sperma
(Foto: Men's Health)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi Anda yang ingin memiliki buah hati, cobalah tidur lebih cepat. Sebuah penelitian menemukan bahwa tidur sebelum tengah malam dapat membuat sperma menjadi lebih sehat.

Studi tersebut menunjukkan bahwa mereka yang tidur pada pukul 8-10 malam memiliki mobilitas sperma terbaik, artinya sperma berenang lebih baik sehingga memiliki kesempatan membuahi  sel telur lebih baik.

Sementara, pria yang tidur setelah tengah malam memiliki jumlah sperma lebih sedikit dan sperma meti lebih cepat. Tidur kurang dari enam jam juga dapat memberi efek yang lebih buruk, setara dengan tidur lebih dari sembilan jam.

"Tidur terlambat dan kurang istirahat dapat meningkatkan antibodi anti-sperma, sebuah tipe protein yang diproduksi sistem imun yangd apat menghancurkan sperma sehat," demikian menurut para peneliti dari Harbin Medical University di Tiongkok.

Studi sebelumnya menemukan bahwa pria yang tidur enam jam di malam hari memiliki kualitas sperma 25 persen lebih rendah dibandingkan pria yang tidur selama delakan jam.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Medical Science Monitor tersebut melihat pola tidur pada 981 pria sehat yang diminta tidur antara pukul 8-10 malam, antara pukul 10 malam hingga tengah malam, atau setelah tengah malam.


(DEV)