Macam Gangguan Berkemih dan Cara Mengatasinya

Torie Natalova    •    Minggu, 28 May 2017 11:42 WIB
tips kesehatan
Macam Gangguan Berkemih dan Cara Mengatasinya
(Foto: IST)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gangguan berkemih kebanyakan tidak berbahaya, tetapi kerap menimbulkan rasa tak nyaman. Dokter penyakit dalam Keri Peterson menjabarkan beberapa gangguan kemih yang seringkali terjadi.

Salah satunya, keinginan buang air kecil yang begitu sering namun hanya sedikit urine yang keluar. Menurut Peterson, hal itu merupakan tanda adanya iritasi kandung kemih. Untuk mengatasinya, bisa dilakukan latihan kegel, mengubah pola makan, dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

Kemudian, ada juga gangguan dimana seseorang merasa sakit atau perasaan terbakar di area genital saat berkemih. Hal itu kemungkinan karena infeksi saluran kemih yang sering dialami wanita muda. 

Lebih lanjut, Peterson mengimbau agar tidak menahan kencing leih dari empat jam. Kebiasaan buruk itu bisa membuat otot kandung kemih merenggang sehingga ketika kencing Anda tak bisa mengeluarkan seluruh cairan urine. 

Menahan buang air kecil juga bisa meningkatkan risiko infeksi karena urine memiliki banyak bakteri yang dapat berkembang biak jika dibiarkan dalam kandung kemih dalam waktu lama.




(DEV)