Sudah Jalani Pola Hidup Sehat, Perempuan Ini Kena Kanker Akibat Stres

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 12 Oct 2016 14:46 WIB
tips kesehatan
Sudah Jalani Pola Hidup Sehat, Perempuan Ini Kena Kanker Akibat Stres
(Foto: Metrotvnews.com/ Sri Yanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjalani pola hidup sehat bukan jaminan terbebas dari kanker payudara. Jane Odorlina, contohnya.

Perempuan 54 tahun ini sudah mengadopsi gaya hidup sehat. Namun, masih terkena kanker.

"Saya menjalani pola hidup sehat, makan buah dan sayur, minum jus alami sejak masih muda. Tapi ternyata dokter bilang saya kena kanker," ujar Jane saat ditemui dalam acara Breast Cancer Awareness Month, Rabu (12/10/2016).

Setelah diselidiki, ternyata faktor yang membuat sel kanker berkembang dalam tubuhnya adalah stres yang dialami dalam bekerja.

Jane mengaku, ia mengalami tekanan berat dalam pekerjaan pada periode September 2014. Hal itu membuat pikirannya terkuras.

Setelah mengetahui penyakitnya, Jane melakukan operasi pengangkatan kanker pada Juli di tahun yang sama. Awalnya, ia ingin menunda operasi beberapa bulan. Akan tetapi, dokter mengungkapkan bahwa perkembangan sel kanker tak bisa diprediksi sehingga semakin cepat akan semakin baik.

Dalam acara tersebut, ia mengimbau para perempuan untuk melakukan deteksi dini atau melakukan sadari (periksa payudara sendiri), karena pada stadium awal, gejala yang muncul masih samar.

Jane mengungkapkan, sebelum terdiagnosa, ia sebenarnya sudah melakukan mamografi setiap satu tahun sekali sebagai upaya deteksi. Namun, nyatanya itu saja tidak cukup.

"Saya merasakan perubahan siklus haid menjadi dua bulan sekali sejak Januari 2015. Februari tidak haid, Maret iya (haid), April tidak haid lagi. Saat saya memeriksa payudara, terdapat benjolan," tukasnya.

Setelah menjalani operasi, Jane melakukan beberapa pengobatan lanjutan, yaitu terapi radiasi setiap hari sebanyak 30 kali setiap hari selama 1,5 bulan, kemudian dilanjutkan dengan kemoterapi sebanyak enam kali, setiap tiga minggu sekali selama 3,5 bulan.

Saat menjalani pengobatan tersebut, Jane mengalami kerontokan rambut. Namun, sejak dinyatakan bebas kanker pada Februari 2016, rambutnya tumbuh kembali.

Setiap tiga bulan sekali, ia melakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan apakah ada perkembangan dari kanker tersebut.

Jane juga memberikan beberapa tips bagi para survivor kanker lainnya dalam menghadapi kanker payudara.

"Ikuti petunjuk dokter dengan patuh kalau mau sembuh. Selain itu, tetap jalani pola hidup sehat. Kalau saya makan makanan yang 80 persen berisi serat dan sisanya nutrisi lain," tutupnya.


(DEV)