Kapan Waktu Terbaik Bercinta untuk Hamil?

Yatin Suleha    •    Rabu, 23 Nov 2016 16:48 WIB
kehamilan
Kapan Waktu Terbaik Bercinta untuk Hamil?
Untuk meningkatkan kemungkinan dari konsepsi, sangat penting untuk melakukan hubungan intim di hari mendekati ovulasi juga pada hari Anda berovulasi juga. (Foto: Missionhusband)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagaimana mengetahui kapan waktu terbaik untuk bercinta guna mendapatkan kehamilan. Jeannette Lager, seorang dokter spesialis kandungan dan asisten profesor di San Francisco, CA, Amerika mengatakan bahwa waktu adalah hal yang sangat penting.

Dr. Lager menjelaskan bahwa sperma dapat hidup 3-5 hari, namun telur bisa hidup sekitar 12-24 jam saja. Untuk meningkatkan kemungkinan dari konsepsi, sangat penting untuk melakukan hubungan intim di hari mendekati ovulasi juga pada hari Anda berovulasi juga.

(Baca juga: Camilan Sehat Untuk Ibu Hamil)

Pendekatan yang baik adalah dua hari sebelum ovulasi dan pas pada hari Anda sedang ovulasi. Itulah mengapa, di sanalah kecenderungan suplai sperma sehat menunggu di tuba fallopi ketika telur dilepaskan.

Kapan Anda tahu sedang berovulasi?

Beberapa wanita kurang menyadarinya, namun beberapa tanda di bawah ini merupakan tanda Anda sedang ovulasi:

1. Ditandai dengan vagina yang lebih basah, ini menandakan kualitas tipe telur.

2. Suhu tubuh basal (Basal Body Temperature/BBT) atau dalam bahasa sederhananya suhu terendah yang dicapai tubuh selama istirahat Anda sedikit meningkat 17.2 derajat celcius. 

Anda dapat mendeteksinya saat pagi setelah Anda bangun dari tempat tidur satu atau dua hari setelah Anda ovulasi. Anda akan bisa merasakan kapan waktu terbaik untuk melakukannya jika Anda mencatat suhu tubuh basal Anda selama beberapa bulan.






(TIN)