Kapan Waktu yang Tepat Berhubungan Seks Setelah Melahirkan?

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 01 Apr 2017 18:31 WIB
seks dan kesehatan
Kapan Waktu yang Tepat Berhubungan Seks Setelah Melahirkan?
Kapan Waktu yang Tepat Berhubungan Seks Setelah Melahirkan? (Foto: istock)

Metrotvnes.com, Jakarta: Banyak orang yang malu menanyakan kapan waktu yang tepat untuk berhubungan seks setelah melahirkan, bahkan kepada dokter yang mengetahui kondisi tubuh.

"Hal paling penting adalah mendengarkan tubuh Anda, apakah siap kembali berhubungan seks. Bila tak nyaman atau sakit, sebaiknya tidak," saran Dr Natasha Withers, seorang dokter perawatan primer di Medical Group One di Manhattan.

Ia menjelaskan, umumnya ia menyarankan ibu baru untuk menunggu enam minggu setelah melahirkan normal. Namun, aktivitas seksual yang tak bersifat penetrasi sudah bisa dilakukan dua minggu setelah melahirkan.

"Untuk ibu yang melalui proses cesar, jika tak mengalami ada rasa sakit dan sudah baik, tunggulah sampai enam minggu juga," tambahnya.

Ada beberapa hal terkait isu kesehatan ibu untuk kembali berhubungan seksual.

"Jika Anda memiliki lecet atau robek yang signifikan saat melahirkan hingga membutuhkan jahitan atau bengkak, mata diperlukan waktu lebih lama," ujarnya.

Pasca-melahirkan, banyak wanita mengalami kekeringan vagina, kebanyakan pertama kali dalam hidup mereka, karena adanya perubahan hormon. Kadar eatrogen akan menurun setelah melahirkan dan saat menyusui sehingga kelembaban alami pun akan berkurang.

Setelah menyusui, tingkat kelembaban vagina akan kembali normal. Selama itu, cobalah menggunakan pelumas, demikian saran Withers.


(ELG)