Kurang Minum Air Putih Penyebab Utama Batu Ginjal

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 14 Mar 2017 16:41 WIB
kesehatan ginjal
Kurang Minum Air Putih Penyebab Utama Batu Ginjal
(Foto: Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Batu ginjal adalah sebuah kondisi dimana adanya material keras menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal, kemudian mengkristal seiring waktu.

Prevalensi secara global, pria usia produktif (antara 20-50 tahun) lebih berpotensi terkena penyakit ini.

"Pria lebih sering terkena karena ada banyak faktor, seperti pola makan yang umumnya lebih didominasi oleh protein," ujar dokter spesialis urologi dr. Marto Sugiono, Sp.U dalam media gathering Siloam Hospital Kebon Jeruk, Selasa (14/3/2017).

Zat limbah dalam darah umumnya berupa kalsium dan asam urat yang masuk dalam kategori protein, dapat berubah menjadi endapan kristal dan menumpuk sehingga membentuk batu ginjal.

"Selain karena makanan yang dikonsumsi cenderung menyebabkan faktor risiko, seperti kacang-kacangan atau jeroan, faktor utama lainnya disebabkan karena kurang minum air putih," tambahnya.

Meski cuaca di Indonesia cenderung panas, tak sedikit masyarakat yang masih malas minum air putih. Alhasil, ginjal kekurangan cairan untuk menyaring zat-zat sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan kristal, pemicu batu ginjal.



 


(DEV)