7 Superfood Untuk Turunkan Kolesterol

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 13 Sep 2016 10:49 WIB
kesehatan
7 Superfood Untuk Turunkan Kolesterol
(Foto: Boldsky) Untuk menurunkan kadar kolesterol, salah satunya bisa mengonsumsi oats dan barley.

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang yang menyadari bahwa kolesterol jahat dalam tubuh dapat memberi dampak berbahaya, salah satunya seperti risiko penyakit jantung. Selain menjaga pola makan yang benar, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa jenis superfood berikut ini yang mampu menurunkan kadar kolesterol.



1. Almond
Nutrisi esensial dan serat di dalam almond dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh secara signifikan. Beberapa studi menemukan bahwa konsumsi harian dari buah kering ini dapat mengurangi risiko penyakit koroner.



2. Oats dan barley
Kedua makanan ini memiliki tipe serat yang mudah larut dan sangat efektif untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat. Konsumsilah semangkuk oats atau gandum dan barley setiap hari untuk meningkatkan kolesterol baik sekaligus mengurangi kolesterol jahat.

(Baca juga: Acai Berry, Tren Baru Sarapan Sehat)



3. Teh hijau
Teh hijau dikenal mampu mengatasi berbagai macam masalah penyakit karena memiliki komponen esensial, termasuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Minumlah secangkir setelah diseduh.



4. Alpukat
Kandungan lemak tak jenuh di dalam buah ini adalah salah satu penyebab mengapa alpukat baik untuk mengurangi tingkat kolesterol.



5. Minyak zaitun
Beberapa studi mengungkapkan bahwa tingginya lemak tak jenuh tunggal atau monounsaturated fat dalam minyak zaitun dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat.



6. Sari jeruk
Kandungan vitamin C yang tinggi sangat efektif untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam aliran darah.



7. Salmon
Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk mengurangi tingkat kolesterol jahat. Selain itu, protein dalam ikan ini juga membantu menurunkan kolesterol penyebab berbagai penyakit tersebut.






(TIN)