Waspada Penyakit yang Dipicu Cahaya Layar Gadget

Torie Natalova    •    Selasa, 27 Sep 2016 11:21 WIB
kesehatan
Waspada Penyakit yang Dipicu Cahaya Layar Gadget
(Foto: Women's Health)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hidup pada zaman modern seperti sekarang, sebagian orang merasa ada yang kurang jika tidak memeriksa gadget terlebih dahulu sebelum tidur.

Padahal, cahaya gadget bisa merugikan kesehatan. Tak jarang, Anda menjadi susah tidur setelahnya.

Mengapa demikian? Sinar gadget menekan hormon melatonin (hormon yang merangsang kantuk) sehingga Anda tetap terjaga.

Tingkat melatonin yang rendah juga berhubungan dengan insomnia atau sulit tidur, yang kemudian berpeluang menjadi masalah kesehatan, seperti gangguan konsentrasi, melemahnya fungsi kekebalan tubuh, depresi, diabetes, hingga penyakit jantung.

Menurut Nicole Van Groningen, internis di NYU Langone Medical Center, penurunan kadar melatonin yang dihasilkan dari cahaya buatan juga mungkin menimbulkan efek samping yang lebih besar dari sekadar menyebabkan insomnia.

Penurunan melatonin dapat mengganggu kesuburan dan mempersulit kehamilan. Kekurangan hormon ini juga meningkatkan risiko kanker payudara karena melatonin adalah hormon yang dapat mencegah pembentukan tumor.

(Baca:
Tidur Tanpa Bantal Ternyata Lebih Sehat)

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences pada 2005, menemukan bahwa terlalu banyak terpapar cahaya buatan meningkatkan 21 persen lemak tubuh. Hal itu diuji coba pada tikus. Efek tersebut, juga terjadi pada manusia.

Sebabnya, cahaya buatan mengurangi pembakaran kalori sehingga otomatis lemak tubuh akan meningkat. Sebelumnya, juga telah diketahui bahwa cahaya biru pada televisi, laptop, dan smartphone juga meningkatkan risiko kerusakan mata.

Seiring waktu, cahaya biru menyebabkan degenerasi awal makula onset atau katarak yang jika dibiarkan dapat menyebabkan kebutaan.

Pada dasarnya, penelitian ini tidak pasti mengatakan bahwa cahaya dari gadget bisa sebabkan kanker. Namun, ada korelasi yang cukup jelas terhadap kemungkinan itu.


Demi menjaga kesehatan tubuh dari cahaya gadget, sebaiknya kurangi kebiasaan mengecek gadget pada malam hari sebelum tidur.



Lihat Video:Tips Sehat Selama Puasa di Bulan Ramadan




(DEV)