Meditasi Dapat Tingkatkan Kewaspadaan

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 04 Oct 2016 13:27 WIB
studi kesehatan
Meditasi Dapat Tingkatkan Kewaspadaan
Meditasi 20 menit sehari, membantu Anda singkirkan pikiran negatif. (Foto: Aboutmeditation)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi baru menunjukkan bahwa meditasi dapat menenangkan emosi, bahkan pada orang yang sedang sadar. 

Pikiran sadar yang dimaksud adalah kesadaran, perasaan, dan sensasi pada pikiran seseorang tentang apa yang telah diperolehnya selama hidup untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. 

Meditasi tingkatkan kesehatan emosional
"Temuan kami tak hanya menunjukkan bahwa meditasi dapat meningkatkan kesehatan emosional, namun seseorang juga memperoleh manfaat dalam hal kemampuan alamiah untuk berhati-hati," pungkas pemimpin penelitian Yanli Lin, seorang mahasiswa pascasarjana di Michigan State University.

Studi tersebut meneliti kesadaran 68 peserta menggunakan survei validasi ilmiah. Para partisipan secara acak ditugaskan untuk mengikuti meditasi audio selama 18 menit atau mendengarkan presentasi tentang bagaimana cara memelajari bahasa baru, sebelum melihat beberapa gambar negatif seperti mayat berdarah. Selama proses tersebut, aktivitas otak mereka direkam. 

(Baca juga: Bahan-Bahan Tak Menyehatkan Ini Ada dalam Krimer Kopi Kemasan)

Para partisipan yang melakukan meditasi menunjukkan tingkat aktivitas otak yang sama dengan orang-orang yang memiliki tingkat tinggi dalam hal kesadaran alamiah untuk mengontrol emosi. Selain itu, mereka juga memiliki tingkat kesadararan yang lebih bervariasi. 

Hasil akhir yang lebih baik
Dengan kata lain, otak emosional kelompok ini lebih cepat terobati setelah melihat foto yang bermasalah, dimana pada dasarnya otak tersebut menyingkirkan emosi negatif. 

Selanjutnya, beberapa peserta yang tidak melakukan meditasi juga diberikan uji coba yang sama, namun tak menunjukkan kamampuan yang lebih baik untuk menghilangkan emosi negatif dalam pikiran. 

Menurut Jason Moser, Associate Professor di Michigan State University, penelitian tersebut menunjukkan bahwa keuntungan dari memiliki kesadaran akan diperoleh dengan lebih baik melalui meditasi, bukan dengan memaksakannya sebagai penegasan pada pikiran. 

"Jika Anda orang sadar secara alami, dan Anda sangat berhati-hati pada sekitar saat sedang berjalan, hal itu akan baik bagi Anda karena Anda bisa menahan emosi," ujarnya. 

Namun, bagi mereka yang tidak demikian, memaksakan diri untuk bisa was-was tak akan mempan. Sebaiknya, mereka melakukan meditasi selama 20 menit setiap hari untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama dalam hal menyingkirkan pikiran negatif. 






(TIN)