Enam Tips Seimbangkan Kehidupan Kerja dan Personal

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 04 May 2018 11:15 WIB
kesehatanpsikologi
Enam Tips Seimbangkan Kehidupan Kerja dan Personal
Luangkan waktu seperti cuti atau akhir pekan untuk dihabiskan bersama keluarga, sekaligus menghilangkan tekanan dalam pekerjaan. (Foto: Ishan @seefromthesky/Unsplash.com)

Jakarta: Banyaknya beban kerja terkadang membuat kehidupan pribadi terbengkalai. Padahal, pengaturan waktu yang baik bisa meminimalkan ketimpangan tersebut.

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk menyeimbangkan kehidupan kerja dan pribadi, seperti dilansir Thehealthsite.com. 

1. Tinggalkan pekerjaan di kantor
Selesaikan semua pekerjaan di kantor. Ketika meninggalkan kantor, matikan notifikasi surel kantor supaya bisa lebih menikmati kegiatan setelah seharian bekerja. 

2. Rencanakan aktivitas keluarga
Luangkan waktu seperti cuti atau akhir pekan untuk dihabiskan bersama keluarga, sekaligus menghilangkan tekanan dalam pekerjaan. 

(Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Stres dalam 15 Menit)


(Menghabiskan waktu berkualitas bersama pasangan, teman, atau keluarga dapat membantu menyeimbangkan kehidupan pribadi dan kerja. Foto: Laurencia Soesanto/Unsplash.com)

3. Olahraga
Mulailah hobi baru yang melibatkan olahraga untuk membantu melepas stres. Aktivitas fisik, seperti olahraga di gym, dapat mengeluarkan endorfin dalam tubuh yang membuat pikiran tetap positif. 

4. Liburan
Menghabiskan waktu berkualitas bersama pasangan, teman, atau keluarga dapat membantu menyeimbangkan kehidupan pribadi dan kerja. 

5. Mengatur waktu kerja 
Bekerja sekaligus akan membuat Anda mudah lelah, secara mental maupun fisik, dan justru membuat tak produktif. Jika Anda merasa beban kerja selalu banyak sehingga mengganggu waktu pribadi, bicarakan dengan atasan agar solusi terbaik ditemukan. 

6. Hindari bekerja berlebihan
Bekerjalah secara efektif agar durasi kerja tak memanjang. Pada dasarnya, atasan sadar bahwa lembur tidak terlalu efektif karena dapat memicu stres dan tak produktif. 





(TIN)