Yang Harus Diperhatikan Penderita Diabetes Saat Berpuasa

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 04 May 2018 16:12 WIB
kesehatanpuasadiabetes
Yang Harus Diperhatikan Penderita Diabetes Saat Berpuasa
Bulan puasa sudah dekat. Bagi penderita diabetes, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menjalankan ibadah tersebut. (Foto: Kawin Harasai/Unsplash.com)

Jakarta: Bulan puasa sudah dekat. Bagi penderita diabetes, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menjalankan ibadah tersebut.

Seperti diketahui, pola makan saat bulan puasa sedikit berbeda dengan hari-hari biasanya. Oleh karena itu, agar tetap prima, ahli gizi dr. Jovita dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK memberikan beberapa saran.

"Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu sebelum mulai puasa dengan dokter, ikuti aturan yang dianjurkan," pungkas ahli gizi dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK dalam peluncuran kampanye Halodoc #PuasaSehat, Jumat 4 Mei 2018.

Selain itu, dr. Jovita juga menekankan cemilan malam untuk penderita diabetes. Tujuannya supaya gula darah tetap stabil.


(Saat sahur, dr. Jovita menyarankan para penderita diabetes untuk lebih memilih karbohidrat kompleks, misalnya nasi merah. Foto: Jacky Tan/Unsplash.com)

(Baca juga: Puasa Bagi Penderita Diabetes)

Ia juga tidak menyarankan konsumsi makanan dengan jenis karbohidrat sederhana, yang biasanya banyak terdapat pada makanan manis, seperti kolak, kue, atau roti putih.

"Itu berbahaya karena dapat meningkatkan gula darah, jadi tak terkontrol."

Saat sahur, dr. Jovita menyarankan para penderita diabetes untuk lebih memilih karbohidrat kompleks, misalnya nasi merah. Makanan jenis ini cenderung lambat dalam melepaskan glukosa sehingga lebih lama dalam menjaga kestabilan gula darah. 




(TIN)