Kandungan SPF Minimal yang Diperlukan Ketika Berada di Bawah Matahari

Raka Lestari    •    Kamis, 03 May 2018 14:01 WIB
kesehatan kulit
Kandungan SPF Minimal yang Diperlukan Ketika Berada di Bawah Matahari
Selain SPF, penting juga untuk memerhatikan kandungan UVA pada tabir surya Anda. (Foto: Alexandru Zdrob?u/Unsplash.com)

Jakarta: Ketika memasuki musim panas, penggunaan tabir surya pada kulit sangatlah diperlukan. Hal ini tentunya dilakukan untuk melindungi kulit dari dampak negatif dari paparan sinar matahari secara langsung.

Dan pilihan yang terbaik adalah menggunakan tabir surya yang memiliki kandungan SPF. Namun, berapakah kandungan SPF minimum yang diperlukan untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari?

SPF adalah singkatan dari "Sun Protection Factor". Semakin tinggi kandungan SPF, semakin besar kulit Anda akan terlindung dari sengatan matahari.

The British Association of Dermatologists (BAD) membagi tabir surya menjadi 4 kategori, yaitu:

1. Kategori rendah (SPF 6-14)

2. Ketegori sedang (SPF 15 - 29)

3. Kategori tinggi (SPF 30-50), dan

4. Kategori sangat tinggi (SPF 50+). Organisasi tersebut merekomendasikan agar individu memilih tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi.


(Ketika memasuki musim panas, penggunaan tabir surya pada kulit sangatlah diperlukan. Hal ini tentunya dilakukan untuk melindungi kulit dari dampak negatif dari paparan sinar matahari secara langsung. Foto: Kaci Baum/Unsplash.com)

(Baca juga: Mana Lebih Dulu, Pakai Pelembap atau Tabir Surya?)

Selain SPF, penting juga untuk memerhatikan kandungan UVA pada tabir surya Anda. SPF melindungi kulit Anda terhadap UVB (sinar ultraviolet B), sedangkan UVA menunjukkan sejauh mana sinar ultraviolet dari matahari diserap oleh krim tabir surya Anda.

Paparan Sinar UVA ke kulit dapat menyebabkan munculnya penuaan dini. Di sisi lain, paparan sinar UVB dikaitkan dengan risiko terkena kanker kulit.

Meskipun panduan umum SPF menurut BAD sebaiknya yang mengandung SPF 30, menurut Joshua Zeichner, MD, seorang dokter kulit dari New York City mengatakan untuk memilih SPF dengan kandungan setinggi mungkin.

"Saya memberitahu pasien saya untuk memilih kandungan SPF setinggi mungkin sebagai jaminan untuk memberikan tingkat perlindungan paling baik," katanya. Meskipun Anda tidak rentan terkena sunburn, ada baiknya memilih tabir surya dengan kandungan SPF 30 -50.




(TIN)