Cara Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Raka Lestari    •    Rabu, 02 May 2018 16:06 WIB
kanker payudara
Cara Menurunkan Risiko Kanker Payudara
Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko kanker payudara. (Foto: Element5 Digital/Unsplash.com)

Jakarta: Menurut American Cancer Society, satu dari delapan wanita kemungkinan mengalami kanker payudara. Mengingat kanker payudara akan berkembang menjadi bertambah buruk jika tidak diketahui sejak dini, mengetahui tanda-tanda kanker payudara sedini mungkin sangatlah diperlukan.

Untuk itu, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko kanker payudara dikutip dari Today.com. 

1. Jangan terpaku pada riwayat keluarga
Bukan berarti jika riwayat keluarga Anda aman lalu Anda pun tidak memiliki kemungkinan untuk terkena kanker payudara.

Menurut Dr Kristi Funk, seorang ahli bedah payudara di Los Angeles sebagian besar kasus kanker payudara tidak melibatkan wanita yang memiliki kerabat dekat yang mengidap kanker payudara. 

2. Mengonsumsi makanan secara hati-hati
Dr Funk merekomendasikan pola makan nabati yang diisi dengan buah dan sayuran. Selain itu, ia juga mendorong para wanita untuk makan satu sendok makan biji rami, minum tiga cangkir teh hijau, dan mengonsumsi setengah cangkir brokoli kukus atau mentah setiap hari.

(Baca juga: Survivor Kanker Payudara Berbagi Tips Mencegah Mual Usai Jalani Kemoterapi)


(Dr Funk mengatakan wanita harus berjalan lima jam atau berolahraga selama 2,5 jam dalam seminggu, untuk mengurangi risiko kanker payudara. Foto: Mark Adriane/Unsplash.com)

3. Jangan terlalu banyak minum minuman beralkohol 
Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alkohol dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara, tetapi beberapa alkohol, seperti anggur merah dianggap dapat memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan risiko penyakit jantung.

Menurut Funk, jumlah yang disarankan untuk mencegah kanker payudara adalah dengan mengonsumsi 4-8 ons anggur merah setiap hari. Namun jangan sampai berlebihan. 

4. Bergerak 
Tetapi hanya dengan berolahraga selama 11 menit sehari dari beberapa latihan telah terbukti mengurangi risiko kanker payudara hingga 18 persen.

5. Kacang kedelai 
Meskipun banyak yang tidak menyukainya, tetapi studi baru mengatakan bahwa 1-2 porsi kedelai sehari dalam bentuk tahu atau susu kedelai telah terbukti dapat mengurangi risiko kanker payudara.

6. Melakukan meditasi
Dr Funk percaya bahwa melakukan meditasi dapat memiliki banyak manfaat. Dan ia juga mengatakan bahwa cinta bisa menjadi pendukung yang baik. Perasaan cinta dari orang-orang sekitar bisa menjadi sistem pendukung yang baik untuk kesehatan. 





(TIN)