Tips Menjaga Kesehatan Ginjal di Musim Panas

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 07 Apr 2018 09:47 WIB
kesehatan ginjal
Tips Menjaga Kesehatan Ginjal di Musim Panas
Tips Menjaga Kesehatan Ginjal di Musim Panas (Foto: shutterstock)

Jakarta: Cuaca panas membuat tubuh banyak berkeringat sehingga rentan kekurangan cairan. Akibatnya, beberapa organ vital bisa mengalami gangguan, termasuk ginjal.

Untuk menghindari masalah pada organ tersebut, berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan ginjal saat musim panas.

1. Minum cukup
Minumlah delapan hingga 10 gelas air putih sehari untuk membuat tubuh tetap terhidrasi.

"Air mengeluarkan racun dari tubuh bersama dengan sisa garam dan limbah yang bisa tersumbat di ginjal. Kemungkinan itu akan lebih kecil  jika tubuh tetap terhidrasi," ujar ahli urologi Dr Pradeep Rao dari Global Hospitals, Mumbai.

Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, atau soda yang dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

2. Atur pola makan
Hindari asupan garam berlebih karena dapat menyerap kalsium dalam tulang dan menaruhnya di ginjal. Gula terlalu banyak juga tak disarankan karena ketika berubah menjadi glukosa, akan sulit disaring dalam ginjal.

Makanan dengan kandungan oksalat tinggi juga tak baik jika dikonsumsi berlebih karena dapat memicu batu ginjal akibat pengikatan kalsium dalam ginjal.

3. Periksa obat-obatan
Batu ginjal dapat disebabkan oleh asupan beberapa obat seperti protease inhibitor, antibiotik dan diuretik. Penggunaan antasid dan tablet kalsium yang berlebihan juga bisa berbahaya. Namun jika Anda bergantung pada obat-obatan ini, pastikan Anda berbicara dengan dokter untuk menemukan cara untuk mengurangi risiko terkena batu ginjal.

4. Berbicara dengan dokter
Bila Anda sudah pernah terkena batu ginjal, risiko untuk terkena penyakit tersebut tetap ada. Oleh karena itu, konsumsi obat untuk mencegah terjadinya batu ginjal lagi.

"Obat seperti Hydrochlorothiazide dapat menurunkan jumlah kalsium yang dilepaskan ke dalam urin dengan membantu menahannya di tulang sehingga mengurangi kemungkinan terbentuknya batu kalsium," ujar Dr Rao.

Menurutnya, obat tersebut bekerja maksimal jika asupan garam juga dikurangi.

5. Tidak menahan buang air kecil (BAK)
Menahan BAK terlalu lama dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Urin yang berada di kandung kemih dalam waktu lama menyebabkan mineral dan garam mengkristal, yang lama kelamaan menjadi batu ginjal.

 


(ELG)