Pijat Bayi Bantu Cegah Stunting pada Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 04 Jul 2018 18:34 WIB
tumbuh kembang bayi
Pijat Bayi Bantu Cegah Stunting pada Anak
(Foto: Baby Nomad)

Jakarta: Pijat bayi adalah salah satu perawatan bayi yang diilakukan secara turun menurun agar si kecil selalu sehat. Selain membuat bayi lebih nyaman, kebiasaan tersebut juga dapat mencegah stunting.

Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI Dr. dr. Ina Rosalina Dadan, Sp.A(K), M.Kes, M.H.Kes menegaskan bahwa pijat bayi dapat membantu mengatasi masalah gizi.

Dalam peluncuran Gerakan Pijat Bayi Nasional oleh Johnson's pada Rabu, 4 Juli 2018, ia menjelaskan bahwa salah satu penyebab stunting (anak bertubuh pendek) adalah nutrisi yang tak terpenuhi saat dalam kandungan.

"Kekurangan ini bisa dikejar sebelum anak berusia 2 tahun supaya jadi tinggi dan besar, salah satunya dengan pijat bayi," jelasnya. 

Gerakan memijat dari ujung kepala hingga ujung kaki tersebut tersebut membuat tubuh lebih mudah dalam menyalurkan nutrisi yang didapat ke pembuluh darah. 
Dengan demikian, selera makan pun membaik dan bayi semakin banyak menerima nutrisi dari ASI dan makanan.

Program pijat bayi yang tengah digencarkan Kemkes ke 34 provinsi tersebut juga menyarankan agar pijat bayi dilakukan oleh orang tua atau orang terdekat, terutama ibu.

"Pijat bayi ini juga berguna untuk menguatkan bonding (keterikatan), melalui sentuhan ibu."

Pijat bayi disarankan dilakukan dua hingga tiga kali sehari dengan durasi sekitar 15 menit untuk bayi yang lahir cukup bulan (mature), yaitu bayi yang lahir setelah 36 minggu dengan bobot minimal 2.500 gram.





(DEV)