Konsumsi Jahe Bantu Ringankan Radang Sendi

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 05 Dec 2017 12:04 WIB
studi kesehatan
Konsumsi Jahe Bantu Ringankan Radang Sendi
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Jahe ternyata tak hanya baik untuk menghangatkan tubuh, tetapi juga untuk mengobati beberapa jenis penyakit seperti gejala arthritis atau radang sendi.

Peradangan adalah gejala utama pada penyakit arthritis. Menurut sebuah penelitian, jahe dapat membantu memgurangi kimia penyebab radang dalam tubuh manusia.

Selain itu, bahan herbal satu ini juga membantu memproduksi asam salisilik, sebuah komponen alami yang terdapat pada obat-obatan anti peradangan non streroid (NSAID), yang biasa digunakan untuk mengobati arthritis.

Asam salisilik dapat membantu meringankan nyeri sendi dan ketidaknyamana pada daerah tersebut.

"Secara teori, jahe dapat mengurangi aktivitas dari beberapa kimia yang memicu peradangan sendi," ujar peneliti seperti dilansir The Health Site.

Jahe merupakan obat herbal dengan efek samping minor seperti pergolakan perut dan iritasi mulut.

5 Tanda Anda Berpotensi Terkena Arthritis

Studi tersebut juga memgklaim bahwa penderira nyeri sendi yang mengonsumsi suplemen jahe dan ibuprofen mengalami penurunan nyeri yang signifikan, dibandingkan mereka yang tak mengonsumsi apapun untuk mengatasi masalah tersebut.

Sementara itu, studi sebelumnya menemukan bahwa pasien osteoarthritis mengalami penurunan rasa nyeri ketika mengonsumsi dua butir suplemen jahe 225 mg dalam sehari selama enam bulan.

Saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan arthritis, namun beberapa jenis obat dan suplemen dapat membantu meringankannya.




(DEV)