5 Barang Sehari-hari yang Bisa Menyebarkan Bahan Kimia Berbahaya

Raka Lestari    •    Minggu, 04 Feb 2018 13:18 WIB
tips kesehatan
5 Barang Sehari-hari yang Bisa Menyebarkan Bahan Kimia Berbahaya
(Foto: Reader's Digest)

Jakarta: Meskipun Anda telah melakukan berbagai cara untuk membersihkan barang-barang yang digunakan, ada beberapa bahan kimia tertentu yang sulit untuk Anda hindari. Mengapa hal itu terjadi? Hal itu karena terkadang ada banyak beberapa bahan-bahan kimia yang terdapat dalam barang-barang yang Anda gunakan sehari-hari.

Apa saja barang-barang tersebut? Berikut ini adalah daftar barang-barang yang sering Anda sentuh dan kemungkinan bisa mengandung bahan kimia berbahaya, dikutip dari Reader's Digest:

1. Struk belanja

Will Bulsiewicz, MD, MSCI, ahli gastroenterologi memperingatkan untuk tidak menyimpan struk belanja. Banyak struk belanja yang dicetak di atas kertas termal, yang berarti ditutupi dengan lapisan tipis dari bubuk pewarna yang dapat menghasilkan tulisan, katanya.

"Bubuk ini mengandung BPA, zat kimia yang mengganggu endokrin yang dikaitkan dengan kanker payudara, diabetes, dan kelainan hormon pada anak-anak."

Dia menambahkan bahwa banyak penelitian telah menunjukkan bahwa BPA diserap melalui kulit, sehingga penting untuk membatasi interaksi Anda dengan bahan kimia ini.

"Jika Anda tidak memerlukan struk belanja, jangan mencampurkan struk belanja dengan makanan, terutama barang yang dikonsumsi mentah. Lalu, pastikan untuk mencuci tangan dengan baik setelah memegang struk belanja," sarannya.

2. Semprotan serangga

Alexea M. Gaffney-Adams, MD, spesialis penyakit menular mengatakan beberapa semprotan serangga mengandung  "organofosfat," yang ditemukan dalam pestisida dan herbisida.

"Senyawa ini mudah diserap melalui kulit dan terhirup. Mereka meracuni serangga dan juga manusia dengan mengganggu neurotransmiter yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang tepat. Mereka dapat mempengaruhi fungsi pernapasan dan otot dan dapat menyebabkan kegagalan kardiovaskular dan kematian dalam jumlah besar," katanya.

"Paparan berkepanjangan dikaitkan dengan penyakit jantung dan paru-paru, gangguan memori, refleks yang buruk atau tertunda serta kanker."

3. Deterjen

Menurut dokter keluarga dan dokter umum Maskfika N. Alam, MD., Selain diisi dengan bahan kimia, banyak deterjen mengandung 'fenol', yang mudah diserap melalui kulit Anda dan dapat menyebabkan disfungsi ginjal dan hati. Jika ragu-ragu, gunakanlah merek deterjen organik, terutama jika Anda memiliki alergi, eksim, atau kulit sensitif.

4. Alat masak anti lengket

Adam S. Gropper, MD, menjelaskan lapisan anti lengket  ini bisa mencair saat mereka kepanasan, menyebabkan aluminium yang tidak sehat saat dicerna.

"Aluminium yang tertelan dikaitkan dengan penyakit Alzheimer dan beberapa jenis kanker. Jika Anda melihat terjadinya pengelupasan atau  di peralatan masak anti lengket Anda, inilah saatnya mengganti," sarannya.

5. Deodoran

Menurut Dr Gropper banyak formula deodoran yang menggunakan alumunium untuk membekukan pori-pori Anda dan mencegah keringat berlebihan. Tapi karena menyerap aluminium terkait dengan penyakit Alzheimer dan kanker prostat dan payudara, Dr Gropper merekomendasikan untuk mencoba deodoran alami.

6. Parfum atau body spray

Dr Alam mengatakan beberapa parfum atau semprotan tubuh mengandung senyawa berbahaya yang dapat merusak permukaan mukosa saluran pernafasan kita. Dengan kata lain, Anda mungkin mengalami batuk dan bersin berlebihan. Dan bahkan jika kondisi Anda sehat-sehat saja, ada beberapa orang yang mengalami sakit kepala selain batuk.


 


(DEV)