Mengenal Pneumonia, Infeksi Paru yang Diderita Putra Kim Kardashian

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 03 Jan 2018 11:31 WIB
pneumonia
Mengenal Pneumonia, Infeksi Paru yang Diderita Putra Kim Kardashian
Saint, putra pasangan Kim Kardashian dan Kanye West dilarikan ke rumah sakit akibat terserang penumonia. (Foto: Digital Spy)

Jakarta: Saint, putra Kim Kardashian dan Kanye West harus dirawat di rumah sakit akibat mengidap pneumonia, infeksi paru yang dapat membuat tubuh melemah. Penyakit ini ditandai dengan batuk, demam, hingga kesulitan bernapas.

Bila ditangani dengan tepat, pneumonia bisa sembuh sekitar dua hingga tiga minggu. Namun pada pasien bayi, anak-anak, dan lansia, penyakit ini bisa lebih parah dan perlu mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Penyebab pneumonia adalah bakteri atau virus. Pneumonia terjadi ketika kuman masuk ke dalam paru, kemudian diikuti gejala pilek atau flu. Semakin lama, paru akan kesulitan melawan infeksi dan penyakit tersebut pun memasuki tubuh.

Memiliki gangguan kesehatan seperti asma, penyakt jantung, kanker, atau diabetes juga cenderung membuat pneumonia lebih mudah menjangkit tubuh.

Gejala dari penyakit ini juga cepat dirasakan penderita, seperti batuk berdahak (lendir hijau yang kadang tercampur darah), demam, bernapas pendek, gigi gemeretak, nyeri dada saat batuk, detak jantung cepat, merasa kelelahan, mual dan muntah, serta diare.

Jika gejala yang dirasakan ringan, maka dokter menyebutnya pneumonia atipik (walking pneumonia) yang sering dialami orang dewasa muda. Sementara, gejala pada lansia bisa memburuk, terutama jika mereka sudah memiliki penyakit paru.

Gejala yang disebabkan oleh virus maupun bakteri cenderung sama, namun yang disebabkan oleh bakteri, pergerakannya lebih lambat dibanding akibat virus.

Penggunaan Antibiotik yang Tidak Tepat Bikin Bakteri Kebal

Pneumonia yang disebabkan oleh bakteri umumnya akan diobati dengan antibiotik yang wajib dihabiskan.

Saat masa penyembuhan, penderita diwajibkan istirahat cukup dan banyak minum air, serta tidak merokok. Jika masih belum merasa baikan dalam hitungan hari, segera hubungi dokter untuk mengantisipasi gangguan kesehatan lain.

Sebaliknya, pneumonia akibat virus tidak bisa diobati dengan antibiotik karena bisa membuat kuman menjadi kebal.

Lihat video:




(DEV)