Awali Tahun Baru dengan Hidup Sehat, 5 Kebiasaan Buruk Ini Harus Dihindari

Anindya Legia Putri    •    Selasa, 02 Jan 2018 12:44 WIB
tips kesehatan
Awali Tahun Baru dengan Hidup Sehat, 5 Kebiasaan Buruk Ini Harus Dihindari
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Hidup lebih sehat menjadi salah satu resolusi tahun baru banyak orang. Namun, banyak orang gagal menjalaninya.

Memulai kebiasaan sehat bisa dimulai dengan hal-hal kecil, seperti menghentikan kebiasaan buruk berikut ini.

1. Menggigit kuku

Kuku merupakan tempat bersarangnya bakteri
staphylococcus. Selain itu, menggigit kuku merusak enamel gigi dan merusak strukturnya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kebiasaan buruk menggigit kuku, salah satunya dengan manicure. Dengan kuku yang cantik, Anda akan berpikir ulang untuk menggigitnya.

2. Makan secara emosional

Banyak orang melampiaskan stres dengan cara makan sebanyak-banyaknya. Mulai sekarang, Anda harus biasakan mengolah stres dengan cara yang lebih baik.

Alih-alih makan ketika stres, tenangkan pikiran dengan berolahraga. Dengan berolahraga, tubuh menghasilkan endorfin atau hormon yang membuat seseorang bahagia. Olahraga juga membuat tidur Anda lebih baik, yang pada akhirnya pikiran menjadi lebih jernih untuk memecahkan masalah.

3. Tidak menyikat gigi sebelum tidur

Sama halnya dengan mencuci muka, menyikat gigi sebelum tidur adalah kebiasaan sehat yang penting. Tidak menyikat gigi sebelum tidur sama saja membiarkan kuman penyebab gigi berlubang berkembang biak.

Survei membuktikan, sakit gigi menjadi salah satu penyebab seseorang tidak produktif dalam bekerja.

4. Mencemaskan berat badan

Tidak ada salahnya memiliki obsesi untuk tampil menawan dengan tubuh yang langsing. Namun, jangan sakiti diri Anda dengan mencemaskan berat badan secara berlebihan.

Seperti diketahui, kecemasan berlebihan terhadap berat badan menjadi salah satu penyebab depresi dan anoreksia pada wanita .

5. Kurang tidur

Masih banyak orang berpikir "tidur berarti tidak produktif." Padahal, tidur cukup menjadi modal signifikan untuk menunjang kesehatan. Banyak studi menemukan, kurang tidur berkaitan dengan penyakit demensia dan gangguan jantung. (Boldsky)




(DEV)