Manfaat Lain dari Kentut yang Belum Anda Ketahui

Anindya Legia Putri    •    Rabu, 03 Jan 2018 08:00 WIB
kesehatan pencernaan
Manfaat Lain dari Kentut yang Belum Anda Ketahui
Memblokir jalur kentut dapat memiliki efek buruk pada kesehatan Anda. (Foto: Larm Rmah/Unsplash.com)

Jakarta: Kentut walau membuat seseorang malu ketika berada di muka umum namun hal tersebut punya manfaat. Anda penasaran tentang apa yang menyebabkan kentut? Kentut ternyata berasal dari gas yang terbentuk di perut kita dari proses pencernaan dan pernapasan. 

Kentut keluar dari dari tubuh memberikan kelegaan dari masalah gas yang tidak diinginkan. Namun, terlihat bahwa frekuensi kentut bervariasi dari orang ke orang. Ini karena setiap sistem pencernaan seseorang berfungsi secara unik. 

(Baca juga: 6 Buah-buahan Pemicu Kentut dan Kembung)

Beberapa orang mungkin memiliki kentut setiap jam, sementara yang lain mungkin menghadapinya selama periode kamar kecil. Apa pun itu penting untuk melepaskan gas dari tubuh alih-alih menahannya.


(Kentut walau membuat seseorang malu ketika berada di muka umum namun hal tersebut punya manfaat. Foto: Adrian Infernus/Unsplash.com)

Memblokir jalur kentut dapat memiliki efek buruk pada kesehatan Anda. Membiarkannya pergi justru dapat menyebabkan sistem pencernaan yang sehat serta dapat memiliki keseimbangan bakteri usus yang memudahkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme. Jadi lain kali Anda kentut anggap itu sebagai proses sehat agar tubuh Anda bugar dan aktif.

Kentut merupakan gas yang terdiri dari 21 persen hidrogen, 7 persen metana, 9 persen nitrogen, 9 persen karbon dioksida, 4 persen oksigen, dan 1 persen hidrogen sulfida yang menjadi alasan utama kentut berbau.









(TIN)