Makanan Ini Jaga Tubuh Fit Selama Perubahan Musim

Raka Lestari    •    Senin, 01 Jan 2018 14:55 WIB
kesehatan
Makanan Ini Jaga Tubuh Fit Selama Perubahan Musim
Teh hijau mengandung berbagai antioksidan dan nutrisi kuat yang membantu mengatur gula darah, memperbaiki fungsi otak dan meningkatkan metabolisme. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Flu atau pilek, sakit tenggorokan, dan batuk tanpa henti merupakan penyakit yang umum dialami ketika adanya perubahan musim. Dari musim dingin ke musim panas atau sebaliknya, cuaca yang tiba-tiba berubah ini bisa membawa berbagai jenis penyakit. 

Untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, berolahraga cukup sering, istirahat dan tentu saja, berpakaian dengan benar adalah sebuah keharusan. Mengonsumsi makanan yang tepat juga dapat membantu Anda memperkuat kekebalan tubuh dan mengalahkan penyakit di saat perubahan musim seperti ini. 

Berikut ini adalah daftar lima makanan sehat yang bisa dikonsumsi saat perubahan musim.

(Baca juga: Studi: Teh Hangat Bantu Kurangi Risiko Glaukoma)

1. Madu
Madu terbukti memiliki efek menenangkan pada sakit tenggorokan, dikutip dari Merinews.com. Campurkan madu dengan setengah bagian jahe dan Anda sudah bisa membuat obat rumahan untuk meredakan sakit tenggorokan.

Madu juga merupakan salah satu sumber yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, merupakan pengganti gula yang hebat. Madu juga bebas kolesterol dan bebas sodium. 


(Teh hijau mengandung berbagai antioksidan dan nutrisi kuat yang membantu mengatur gula darah, memperbaiki fungsi otak, dan meningkatkan metabolisme. Foto: Pixabay.com)


2. Oatmeal 
Tetap menjaga asupan gizi Anda selama perubahan musim merupakan sesuatu yang penting. Oatmeal kaya akan serat dan protein, oat juga rendah kalori yang membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu oat juga dapat membantu mengatur kadar kolesterol, menjaga berat badan tetap sehat dan mengurangi risiko gula darah dan diabetes.

3. Teh hijau
Teh hijau mengandung berbagai antioksidan dan nutrisi kuat yang membantu mengatur gula darah, memperbaiki fungsi otak, dan meningkatkan metabolisme.

'Minuman super' ini juga memiliki mineral penting, senyawa bioaktif dan memiliki sifat membakar lemak, yang tidak hanya membantu meningkatkan proses detoksifikasi dalam tubuh tetapi juga membantu penurunan berat badan. 

4. Minyak zaitun 
Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh dan memiliki tekstur ringan yang akan melengkapi hidangan Anda dengan sempurna. Di dalamnya terkandung zat antioksidan yang bisa mengurangi risiko kanker, diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan kanker payudara.










(TIN)