6 Kebiasaan Baik Ini Bisa Tangkal Penyakit

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 27 Nov 2017 14:43 WIB
6 Kebiasaan Baik Ini Bisa Tangkal Penyakit
Seks dapat memuaskan, mengurangi stres dan dapat meningkatkan tingkat imunitas Anda. (Foto: Instagram/Pinterest)

Jakarta: Kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari tak hanya sekedar aktivitas yang rutin dilakukan. Dibalik itu, kebiasaan ternyata berdampak terhadap kesehatan bahkan dapat menangkal penyakit.

Dikutip dari Times of India, berikut kebiasaan yang dapat membuat tubuh Anda kebal dari penyakit.

1. Minum cukup air
Memenuhi kebutuhan cairan tidak harus dengan minum delapan gelas sehari. Sebab kebutuhan cairan setiap orang berbeda. Ada cara sederhana untuk menghitung kebutuhan cairan tubuh yaitu satu liter air untuk 20 kilogram berat badan. jadi, jika berat badan Anda mencapai 50 kilogram, maka jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh sebanyak 2,5 liter per hari.

2. Minum air hangat
Tak hanya sekedar menghangatkan, mengonsumsi air hangat ternyata dapat membantu menangkal serangan flu. Air hangat juga dapat mengurangi gejala sinus dan membersihkan saluran hidung.

(Baca juga: Meremisi Autoimun dengan Pola Hidup Sehat)


(Wine mengandung resveratrol yang telah terbukti meningkatkan kekebalan dan mengurangi peradangan. Foto: John Canelis/Unsplash.com)

3. Cukup tidur
Tidur sangat berhubungan dengan tingkat imunitas tubuh. Jika sering sakit (pilek atau flu) maka Anda harus mengoreksi waktu istirahat. Hal itu bisa saja disebabkan karena kurang istirahat pada malam hari.

4. Seks
Seks dapat memuaskan, mengurangi stres dan dapat meningkatkan tingkat imunitas Anda. Selain itu, sebuah studi menyebutkan, orang-orang yang pernah berhubungan seks memiliki antibodi dalam air liur mereka. Perlu diingat, seks yang dimaksud tentunya dengan pasangan yang sudah sah. Sebab, seks bebas bisa mendatangkan penyakit.

5. Minum wine
Wine mengandung resveratrol yang telah terbukti meningkatkan kekebalan dan mengurangi peradangan. Namun, tentu ada takarannya agar manfaat kesehatan anggur bisa kita dapatkan, yaitu wanita tidak boleh mengonsumsi lebih dari empat ons sehari. Sedangkan pria tidak boleh mengonsumsi lebih dua gelas per hari.

6. Teh herbal
Teh herbal, salah satunya teh hijau menjadi salah satu minuman yang digandrungi oleh masyarakat saat ini. Sebab, teh herbal mengandung antioksidan yang dapat membunuh radikal pada gilirannya dapat memerkuat kekebalan tubuh.









(TIN)