Ketahui Manfaat Asam Salisilat untuk Jerawat

Raka Lestari    •    Minggu, 25 Mar 2018 16:00 WIB
kecantikan
Ketahui Manfaat Asam Salisilat untuk Jerawat
(FOTO: Shutterstock)

Jakarta: Jika Anda memiliki jerawat, Anda mungkin pernah melihat asam salisilat pada label pembersih dan pencuci wajah, atau Anda pernah mendengar dermatologists menyarankan agar Anda memilih produk dengan asam salisilat di dalamnya.

Namun, apakah Anda tahu apa itu asam salisilat dan mengapa asam salisilat dapat menjadi penyelamat kulit yang berjerawat?

Pada dasarnya, asam salisilat adalah beta hydroxy acid (BHA), yang berarti larut dalam minyak dan dapat membersihkan jauh di dalam pori-pori Anda. Ini juga dikenal sebagai agen keratolitik, yang berarti memfasilitasi pergantian atau pengelupasan kulit.

"Karena sifat ini, produk dengan asam salisilat dapat berguna untuk banyak masalah kulit, seperti jerawat, kutil, ketombe, atau psoriasis," kata Dr Sonia Batra, MD, dokter kulit di California.
Untuk mengobati jerawat, "tindakan eksfoliasi membuka pori-pori tersumbat dan memungkinkan asam salisilat untuk membunuh bakteri, yang mungkin lebih dalam di dalam kulit."

Sangat umum untuk menemukan asam salisilat dalam bentuk gel, salep atau lotion topikal, tetapi asam salisilat juga digunakan sebagai bahan aktif dalam pembersih wajah.  "Baik asam salisilat dan benzoyl peroxide adalah perawatan yang efektif untuk jerawat, tetapi asam salisilat menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori, sementara benzoyl peroxide membunuh bakteri dalam pori-pori," jelas Batra.

Ada juga beberapa manfaat untuk memilih asam salisilat daripada benzoyl peroxide, terutama jika Anda rentan terhadap kulit sensitif atau kering.

"Benzoyl peroxide dapat mengering dan mengiritasi, dan dapat menyebabkan kulit kemerahan dan mengelupas, terutama jika terlalu sering diaplikasikan, Asam salisilat lebih lembut pada kulit dan karena mengandung bahan anti-inflamasi yang sama seperti aspirin, itu dapat menenangkan dan menenangkan kemerahan dan membantu menghilangkan rasa sakit jerawat kistik," ujar Batra.

Jika Anda menggunakan pembersih wajah tanpa resep dokter yang memiliki kandungan asam salisilat, cara yang terbaik adalah dengan menggunakannya sebagai rutinitas untuk pencuci wajah Anda pada malam hari. "Saat mengobati jerawat, sebaiknya menggunakan produk yang mengandung asam salisilat setiap malam setelah membersihkan wajah. Ini karena asam salisilat akan bekerja paling baik pada malam hari," kata Batra.

Karena asam salisilat dapat meningkatkan kepekaan terhadap matahari, Anda juga harus memastikan untuk menggunakan tabir surya juga jika Anda menggunakannya selama siang hari.


 


(DEV)