Sarapan dengan Benar Bantu Tubuh Terhindar dari Penyakit

Torie Natalova    •    Rabu, 04 Oct 2017 11:52 WIB
tips kesehatan
Sarapan dengan Benar Bantu Tubuh Terhindar dari Penyakit
(Foto: Medicalnewstoday)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergantian cuaca ekstrem belakangan ini dapat membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Tak diragukan lagi, turunnya sistem imun ini dapat menimbulkan beragam penyakit seperti radang tenggorokan, batuk, dan flu.

Beberapa strategi seperti mengonsumsi multivitamin, diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal beragam penyakit.

Namun, ada beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit seperti berikut ini.

1. Menjaga kebersihan

Mencuci tangan sangat penting untuk mencegah kuman berbahaya. Namun, hindari penggunaan sabun antibakteri terutama yang mengandung triclosan. (FDA Larang Penjualan Sabun Antibakteri dengan Kandungan Bahan Ini)

2. Pilih pembersih tangan yang tepat

Cairan pembersih tangan atau hand sanitizer seringkali dijadikan pengganti air untuk membersihkan tangan. Namun, pastikan cairan pembersih tangan Anda bebas triclosan.

3. Hindari stres

Stres benar-benar dapat merusak sistem kekebalan tubuh karena tubuh berevolusi untuk menekan sistem kekebalan tubuh selama masa stres besar terjadi. Meditasi bisa menjadi solusi sempurna untuk menghindari stres. Peneliian menunjukkan bahwa meditasi menurunkan gejala yang berkaitan dengan penyakit dan meningkatkan aktivitas sel pembunuh pelindung sistem imun.

4. Jaga kesehatan usus

Bakteri usus Anda juga penting untuk kekebalan tubuh yang kuat. Makanan probiotik dapat membantu mencegah demam pada anak-anak yang sering memasukan benda ke mulut mereka.

5. Makan sarapan dengan benar

Sarapan yang tepat di pagi hari secara signifikan membantu tubuh terhindar dari penyakit. Sarapan bisa jadi kesempatan untuk mengisi tubuh dengan makanan kaya nutrisi seperti telur. Sereal gandum juga baik untuk menjaga kekebalan tubuh Anda.




(DEV)