Hindari Pemberian Jus Buah pada Anak di Bawah Satu Tahun

Torie Natalova    •    Rabu, 11 Oct 2017 08:47 WIB
kesehatan
Hindari Pemberian Jus Buah pada Anak di Bawah Satu Tahun
(Foto: Netcostphilly)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jus buah seringkali dijadikan menu tambahan untuk mendapatkan vitamin dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, meski mengandung buah-buahan segar, jus buah seringkali tidak sehat dan sebaiknya tidak disertakan dalam makanan anak-anak di bawah usia satu tahun.

Menurut sebuah pernyataan dari American Academy of Pediatrics, jus buah tidak mengandung gizi atau nutrisi yang selama ini diketahui.

Seperti dilansir dari Consumeraffairs.com, melalui tulisan yang berjudul "How much fruit juice should your child be allowed? New AAP guidelines say no fruit juice at all during a child's first year of life," mengatakan Jus buah botolan berkontribusi terhadap meningkatnya jumlah penderita obesitas dan kekhawatiran tentang kesehatan gigi karena umumnya mengandung banyak gula.

Orangtua mungkin mengaggap jus buah sebagai makanan sehat tetapi ini bukanlah pengganti buah segar yang baik. Jus buah botolan hanya mengandung gula dan kalori lebih banyak. Menurut Dr Melvin Heyman, jumlah yang kecil jus buah dapat diberikan untuk anak-anak yang lebih tua, tetapi tidak perlu untuk anak di bawah satu tahun.

Sebuah laporan lainnya menyarankan nutrisi selama seribu hari antara rentang usia satu hingga dua tahun sangat penting untuk keseluruhan perkembangan otak dan fisik mereka. Laporan tersebut menemukan bahwa setidaknya 40 persen orang tua mengenalkan minuman manis kepada anak-anak mereka terlalu dini.

Anak-anak harus dibiasakan untuk mengonsumsi buah utuh dan harus diajarkan tentang manfaat buah dibandingkan dengan jus, yang sedikit serat dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan serta kerusakan gigi yang berlebihan.





(DEV)