Ini Minuman yang Tidak Boleh Anda Minum

Torie Natalova    •    Kamis, 10 Nov 2016 10:25 WIB
studi kesehatan
Ini Minuman yang Tidak Boleh Anda Minum
Pada penelitian yang lain, minuman berenergi memiliki kesamaan dengan kecanduan kokain dan telah dikaitkan dengan kematian. (Foto: Mydomaine)

Metrotvnews.com, Jakarta: Air putih atau jus buah memang memiliki khasiat tersendiri untuk kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Beberapa minuman memang memiliki dampak masing-masing untuk tubuh.

Sebut saja minuman beralkohol dan soda. Kedua minuman ini jika dikonsumsi berlebihan dapat membawa Anda pada penyakit berbahaya mulai dari gagal ginjal hingga stroke. Namun, ada satu minuman yang harus Anda jauhi selamanya. Apakah minuman tersebut?

Ya, minuman berenergi. Banyak orang, terutama pria yang masih menggemari minuman berenergi atau energy drinks. Minuman yang satu ini dapat membangkitkan tenaga Anda yang mulai menurun di siang hari.

Namun, minuman ini lebih buruk dari yang Anda perkirakan. Kandungan soda kafein yang ada dalam minuman energi tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Penemuan terbaru dari laporan kasus British Medical Journal melaporkan bahwa minuman ini menyajikan ramuan bahan kimia yang tidak jelas. Namun, kadar niacin dalam minuman tersebut bisa menjadi penyebab masalah kesehatan Anda.

(Baca juga: Minuman Apa yang Sebaiknya Dikonsumsi Pagi Hari?)

Laporan tersebut berdasarkan hasil penelitian yang melibatkan pekerja konstruksi dengan usia 50 tahun yang mengembangkan penyakit hepatitis akut setelah minum terlalu banyak minuman energi.

Analisis dari Grub Street mencatat, temuan ini bukanlah yang pertama kalinya menghasilkan seseorang yang kecanduan minum minuman berenergi mengalami penyakit hepatitis akut. Pada 2011 lalu, seorang wanita yang sehat didiagnosa dengan penyakit hepatitis setelah minum 10 kaleng minuman berenergi sehari selama dua minggu.

Pada penelitian yang lain, minuman berenergi memiliki kesamaan dengan kecanduan kokain dan telah dikaitkan dengan kematian. Sedangkan penemuan kali ini mengatakan minuman berenergi dapat merusak hati Anda. Karenanya, jika Anda gemar minum minuman ini, sebaiknya mulai sekarang berhenti mengonsumsinya.






(TIN)