Bahaya Pasang Kawat Gigi pada Sembarang Ahli

Nia Deviyana    •    Senin, 04 Apr 2016 14:12 WIB
kawat gigi
Bahaya Pasang Kawat Gigi pada Sembarang Ahli
(Foto: Happytoothnc.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Memasang kawat gigi sebaiknya dilakukan oleh ahli orthodonti. Sebab, pemasangan yang tidak sesuai prosedur akan memicu munculnya masalah kesehatan gigi dan mulut lain.

Mungkin Anda pernah memerhatikan di pinggir jalan banyak klinik yang mengklaim sebagai 'ahli gigi.' Memasang kawat gigi di 'ahli gigi' tersebut tidak direkomendasikan.

Drg. Marini Mihardjanti, SpOrt mencontohkan kasus yang pernah dialami seseorang yang memasang kawat pada 'ahli gigi' yang membuka praktek di pinggir jalan. 

"Ada pasien yang giginya jadi goyang semua setelah pasang di ahli gigi pinggir jalan. Itu biasanya karena gaya tarikan karet terlalu kencang," jelas spesialis Orthodonti yang berpraktek di Dharmawangsa Dental Studio, Jakarta, ini.

Marini menyayangkan masih banyak orang tergiur memasang kawat gigi pada sembarang ahli. 

"Ahli-ahli di pinggir jalan biasanya hanya terima pasang, tapi tidak terima kontrol. Ini bahaya untuk pasien. Selain gigi goyang, ada juga kasus akar gigi sampai keluar karena tarikan gaya yang kencang itu," urainya.

Pemasangan kawat yang benar, lanjut Marini, harus disesuaikan dengan struktur gigi pasien.

"Di awal kita enggak akan pasang dengan karet yang kencang. Diameter juga biasanya yang kecil, dengan tarikan gaya ringan. Kalau gigi sudah semakin rata, baru dikasih karet yang agak kaku," jelasnya. 


(DEV)